Instalasi Rafter Baja Prefabrikasi dan Komponen Konstruksi Terkait Pakai TC

Gambar struktur baja yang sudah terpasang namun belum seluruhnya menggunakan cat dasar

3 point utama yang menjadi pembahasan kali ini secara sekaligus. Adalah tentang instalasi rafter baja prefabrikasi, komponen konstruksi yang terkait dengan instalasi, serta alat yang digunakan. Yaitu TC, atau Tower Crane.

Namun, sebelum memasuki topik pembahasan. Ketahui dulu persamaan kata, berikut ini:

  1. Instalasi/instal = ereksen, atau proses pemasangan konstruksi baja
  2. Rafter = sejenis kuda-kuda yang berfungsi sebagai rangka atap
  3. Prefabrikasi = pembuatan suatu material baja dengan cara pabrikasi. Bukan dengan cara Cold, atau Hot Rolled Steel Shapes. Sebagaimana dilakukan pada saat membuat material baja profil. Oleh industri baja.
  4. Tower crane = salah satu jenis alat berat crane, yang sering digunakan pada proyek bangunan gedung.

Pengertian dan unsur-unsur yang terkait

Instalasi rafter baja prefabrikasi artinya pelaksanaan pemasangan kuda-kuda pada suatu bangunan, oleh sekelompok tukang baja. Dimana material yang digunakan untuk kuda-kuda tersebut. Selurunya terbuat dari baja prefabrikasi.

Secara umum metode pelaksanaan instalasi adalah sama dengan kuda-kuda WF, dan honeycomb. Selain, tukang konstruksi baja. Personil yang dibutuhkan antara lain: 1]. Operator alat berat, dan pembantunya. 2]. Pengawas lapangan, serta 3]. Keamanaan setempat.

Kesiapan instalasi, dan peran serta masing-masing unsur ini. Menjamin terlaksananya proses pemasangan konstruksi. Berjalan dengan lancar, tepat waktu dan aman. Tapi, salah satu tidak terlibat. Dipastikan proses instalasi akan mengalami banyak kendala.

Langkah-langkah pelaksanaan instalasi

Pada konteks ini, misalkan tahap-tahap persiapan instalasi telah berjalan dengan baik sebelumnya. Demikian juga, pemasangan kolom baja sudah selesai. Maka dari itu, langkah selanjutnya adalah melaksanakan instalasi rafter baja prefabrikasi.

Metode pelaksanaan pekerjaan ereksen konstruksi baja tahap akhir

1. Menempatkan rafter pada titik pemasangan

Untuk menyiapkan pemasangan rafter baja yang pertama. Paling tidak membutuhkan 4 orang tenaga kerja. Terdiri dari Operator alat berat, pembantu operator dan 2 orang tukang baja.

Lingkup pekerjaan anta lain:
1. Membersihkan tempat pemasangan konstruksi baja.
2. Memastikan kode material yang akan dipasang, sudah sesuai dengan gambar kerja
3. Menempatkan 1 stel (2 batang) rafter baja, dekat dengan garis as rafter.
4. Memastikan posisi rafter tidak sejajar dengan garis as. Namun serong. Dengan sudut antara 15-20º

2. Instal rafter baja bagian kanan dan kiri

Agar kuda-kuda terbentuk sesuai dengan gambar kerja. Maka, rafter baja harus Anda setting. Caranya adalah menghubungkan 2 buah material tersebut, tepat pada titik tertinggi kuda-kuda. Atau, sering disebut dengan kerpus/nok atap.

Sistem sambungan kuda-kuda pada nok, umumnya menggunakan baut mur. Maka dari itu, alat yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut adalah kunci pengeras. Jenis kunci pas, dan kunci momen.

3. Pelaksanaan instalasi yang benar

Setelah bagian kiri dan kanan telah terhubung dengan kencang, melalui pemasangan baut mur. 2 orang tukang sudah dalam posisi standby pada kolom baja. Tempat pemasangan rafter. Dengan demikian, instalasi rafter baja prefabrikasi boleh Anda mulai.

Cara instalasi pakai tower crane, sebagai berikut:

  1. Menggunakan 2 buah tali crane, yang sama panjang. Rafter baja Anda ikat dengan kencang. Dan, usahakan pada titik ikat yang tepat. Supaya seimbang.
  2. Kedua tali tersebut Anda satukan pada hook crane. Dan, pastikan tidak lepas. Yaitu dengan cara menutup hook tersebut.
  3. Masing-masing ujung rafter harus disediakan tali tambang. Fungsinya untuk mengontrol batang rafter, ketika mulai diangkat.
  4. Beri aba-aba kepada operator crane, agar mengoperasikan alat. Sehingga rafter terangkat secara perlahan-lahan.
  5. Setalah rafter baja terangkat, ± 50 cm dari permukaan tanah. Proses mengangkat rafter hentikan sejenak. Untuk memeriksa: 1]. Sambungan baut pada nok, 2]. Ikatan tali crane, serta 3]. Keseimbangan rafter baja.
  6. Setelah itu. Kembali lanjutkan poses instalasi, hingga posisi kuda-kuda bagian bawah, rata dengan kolom baja.
  7. Pemasangan rafter dengan kolom baja, harus satu per satu. Maka dari itu, pemasangan baut mur harus salah seorang tukang. Kemudian tukang yang berikutnya.
  8. Setelah rafter baja terpasang pada kolom dengan benar. Masing-masing tukang memindahkan tali tambang ke nok.
  9. Selanjutnya, tukang yang berada dibawah mengikat tali tersebut. Supaya rafter tidak tidak goyang.

Dengan demikian, 1 buah instalasi rafter baja prefabrikasi telah selesai. Dan Anda boleh, membuka tali crane yang terpasang pada rafter. Kemudian, melanjutkan instalasi rafter yang kedua. Caranya sama persis dengan nomor 1 – 9.

Komponen konstruksi yang berhubungan dengan rafter baja

Setelah rafter baja kedua selesai terpasang. Apakah boleh langsung memasang rafter ke-3?. Tidak. Sebelum Anda melanjutkan pemasangan rafter ke-3. Ada beberapa komponen konstruksi yang harus Anda instal lebih dahulu. Tidak perlu komplit. Tapi, setidaknya bisa membuat konstruksi baja kuat, dan kokoh.

Letak pemasangan, fungsi dan jenis bahan gording yang paling trend saat ini

a. Jenis-jenis komponen

Komponen konstruksi yang dimaksud adalah gording, dan ikatan angin. 2 jenis komponen ini tidak perlu kami jabarkan disini cara pemasangannya. Sebab sebelumnya telah kami ulas pada artikel khusus. Mulai dari pengenalan dasar, jenis bahan, hingga cara instalasi. Salah satunya, bisa Anda baca melalui tautan ini.

b. Ketentuan instalasi gording baja

Khusus pemasangan gording, karena masih tergolong sebagai tahap awal. Dan, berfungsi sebagai pengaku rafter (bukan untuk tujuan melengkapi rangka atap). Maka dapat Anda lakukan secara acak. Atau selang seling. Misalnya, setiap jarak 3, atau 4 meter. Supaya instalasi rafter baja prefabrikasi yang ketiga. Bisa Anda lakukan segera.

Faktor non teknis yang mempengaruhi proses instalasi baja

Diatas kerta, proses instalasi mungkin saja diprediksi berjalan lancar. Tapi, sering sekali terjadi hal-hal di luar dugaan. Mengakibatkan metode pelaksanaan instalasi yang Anda rancang sedemikian rupa, ternyata harus berubah total. Atau mengakibatkan pemakaian alat berat tidak optimal. Yaitu faktor cuaca.

Ketika hujan atau angin kencang. Jangan sekali-sekali melakukan pemasangan konstruksi baja. Resikonya sangat besar. Selain taruhan nyawa. Material baja yang Anda pasang bisa rusak. Akibat benturan, atau jauh. Sebaiknya tunggu sampai hujan/angin reda. Dan, kondisi material baja telah kering.

Selain faktor cuaca. Namun, masih berhubungan dengan alam. Sebaiknya instalasi rafter baja prefabrikasi jangan Anda lakukan pada malam hari. Sekalipun sudah dilengkapi dengan penerangan yang memadai. Sebab cahaya lampu ada batasnya.

Bahkan cahaya sering mengakibatkan silau. Terlebih bagi orang (tukang baja, operator alat berat), yang bekerja pada ketinggian. Sehingga resiko yang bakal Anda hadapi, tidak kalah besarnya dengan faktor cuaca. Maka dari itu, harus Anda antisipasi sejak awal. Guna meminimalisir kecelakaan kerja.

instalasi rafter (kuda-kuda) baja WF

[Penutup] Metode pelaksanaan instalasi rafter baja secara umum sama

Langkah-langkah pemasangan kontruksi atap yang kami jabarkan, tidak hanya berlaku pada rafter baja prefabrikasi. Namun, berlaku juga untuk pemasangan kuda-kuda baja WF, kuda-kuda cremona. Maupun kuda-kuda yang terbuat dari rangka batang. Misalnya space frame, dan kuda-kuda pipa besi.

Pun, tentang alat yang digunakan. Tower crane sangat cocok untuk memasang segala jenis kuda-kuda. Asalkan, sebelumnya telah Anda perhitungkan. Terutama mengenai kapasitas angkat, maupun jangkauan alat berat. Dengan demikian, dipastikan instalasi rafter baja prefabrikasi maupun kuda-kuda sejenis, berjalan dengan tepat, dan cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!