Bending Baja Dan Biaya Pelaksanaan Terkini Temukan Disini

Pentingnya memahami proses bending dan rol baja yang benar dan berkualitas. Serta biaya pelaksanaan pekerjaan.

Bending baja dan biaya adalah 2 hal yang saling berkaitan. Sudah rahasia umum, bahwa ketersediaan biaya adalah kunci sukses pelaksanaan pekerjaan baja. Bahkan berlaku untuk segala jenis pekerjaan proyek bangunan. Jumlahnya berapa?. Harus mencukupi. Namun bukan berarti pas-pasan. Jika biaya tidak memadai, kualitas pekerjaan pasti jelek. Imbasnya pada seluruh sub pekerjaan. Termasuk pelaksanaan bending baja.

Pengertian bending baja

Bending baja artinya sebuah proses untuk merubah bentuk material baja, dengan cara membengkokan atau menekuk baja. Proses ini bisa menggunakan mesin manual atau hidrolik. Tergantung jenis dan dimensi baja profil yang akan di bending. Kondisi bahan juga mempengaruhi proses bending baja dan biaya yang dibutuhkan.

a. Hubungan proses bending dengan biaya

Ukuran material yang kecil dan tipis, berarti mampu dikerjakan secara manual. Maka biaya pengerjaan akan relatif murah. Sebab pelaksanaannya pun tidak perlu melibatkan pihak lain. Namun bila dimensi baja sangat besar dan tebal, berarti harus menggunakan mesin yang berkapasitas besar, dan sistem hidrolik. Untuk itu, wajib melibatkan ahli. Sehingga biaya pengerjaan pasti lebih mahal.

b. Pilih cara manual atau hidrolik untuk bending besi?

Jika pertimbangannya adalah jenis bahan dan ukuran. Jawabanya sudah jelas pada poin sebelumnya. Apakah proses bending secara manual tidak membutuhkan waktu yang lama, bandingkan dengan mesin bending canggih?. Belum tentu. Tergantung bentuk (deformasi) bahan yang Anda inginkan. Rumit atau simple. Oleh sebab itu, saat memilih metode pelaksanaan, pertimbangan utamanya kembali lagi pada ketersediaan biaya.

Perbedaan proses bending dan rol baja

Oh iya sobat, sebelum jauh membahas tentang bending baja dan biaya. Bending dan rol sedikit berbeda. Proses bending material baja menghasilkan sudut. Sementara rol tidak. Material baja yang di rol membentuk lengkung, dan menyerupai lingkaran.

1].Biaya jasa bending, jenis pekerjaan dan bahan

Berikut ini 3 jenis bahan/pekerjaan bending, yaitu:

i. Bending plat besi

Bending plat besi umumnya dilakukan untuk membuat ducting, sepatu gording, kosen, daun pintu, dan jendela krapyak besi. Jasa bending terkini antara Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,-/tekuk. Dimana panjang setiap tekuk maksimal @2,4 meter. Contoh mesin bending terkini, untuk plat besi seperti gambar pada tautan ini. Silahkan Anda perhatikan. Lengkap dengan spesifikasi dan tonase mesin.

ii. Bending plat bordes

Menekuk plat bordes bertujuan untuk membuat anak tangga besi, tutup tandon air bawah tanah (manhole), dan lain sebagainya. Adapun biaya jasa bending adalah mengacu pada plat besi. Namun dengan satuan meter. Sebab ukuran plat bordes untuk tangga bervariasi. Maka ongkos bending plat bordes menjadi Rp 1.250,- sampai Rp 2.000,-/meter. Hal ini salah satu alasan pentingnya memahami bending baja dan biaya pelaksanaannya.

iii. Dan bending besi beton

Bending besi beton umumnya terjadi pada pekerjaan beton. Yakni untuk membuat begel, serta tekukan pada ujung besi tulangan. Maka dari itu, bending berlaku untuk semua ukuran besi beton. Dan hampir semua tukang bangunan terampil melakukan pekerjaan ini. Oleh sebab itu, biaya pengerjaan sangat murah. Bisa menerapkan sistem harian atau borong.

2].Biaya jasa rol, jenis pekerjaan dan material

Sedangkan jenis pekerjaan rol baja, yaitu terdiri dari:

a. Rol besi strip plat

Yaitu untuk pembuatan begel/klem, atau bracket talang tegak pralon. Elemen ini merupakan bagian dari penutup atap bangunan. Persisnya menjadi satu kesatuan dengan pekerjaan talang. Rol plat strip juga berguna untuk membuat rangka pengaman tangga vertikal. Unit ini banyak terpasang pada tower pemancar dan konstruksi tower tangki air.

Sementara itu, alat yang digunakan sama dengan rol plat besi lembaran. Tapi bisa juga dengan cara pemanasan menggunakan nyala api, yakni blender potong. Biaya rol material ini, bila dengan sistem borongan umumnya per unit, yakni antara Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,-.

b. Rol besi pipa

Rol pipa banyak dilakukan untuk keperluan konstruksi. Antara lain untuk pembuatan kuda-kuda lengkung, serta konstruksi gapura. alat untuk menge-rol pipa beda dengan rol plat. Perbedaannya adalah pada matras (cetakan) rol. Contoh mesin rol rol pipa, dapat anda perhatikan seperti tertera pada tautan berikut.

Biaya pengerjaan rol pipa umumnya dengan sistem borong. Dan perhitungannya adalah berdasarkan satuan meter. Tapi ada pula bas borong baja, yang menerapkan per batang. Namun kedua metode ini sama-sama mengacu pada berat/tonase besi pipa. Dengan ongkos rol Rp 1.500,- sampai Rp 2.500,-/kg.

c. Besi stal kotak

Masih terkait pelaksanaan bending baja dan biaya. Besar biaya jasa rol besi sebenarnya nyaris sama. Hal ini terbukti dari 2 jenis bahan yang melalui proses rol diatas. Demikian juga penge-rol-an stal kotak. Pekerjaan ini banyak dilakukan oleh bengkel las teralis. Yakni untuk membuat reklame, pagar, reilling, kursi, meja, serta perabot-perabot lain.

d. Dan rol besi siku

Pengerolan besi siku selain untuk keperluan pekerjan teralis. Namun demikian bisa juga untuk membuat rangka atap lengkung, dan bentuk kubah. Aplikasi besi pipa lengkung untuk kuda-kuda, beda dengan pipa. Besi siku menerapkan sistem sambungan baut mut. Layaknya kuda-kuda cremona. Sementara rangka pipa lengkung menggunakan sambungan las.

Metode pelaksanaan bending dan rol besi terkini

Kontraktor baja pemula yang belum memiliki alat bending dan rol, sering menggunakan jasa untuk merubah bentuk material konstruksi. Jadi kerjasama yang terjalin hanya jasa pengerolan atau bending. Sementara pengadaan bahan tetap kontraktor. Demikian juga kelengkapan gambar kerja.

Tapi kontraktor besar pada umumnya telah melengkapi alat pabrikasi besi. Sehingga tidak perlu menge-sub-kan pekerjaan kepada pihak ketiga. Dengan alasa untuk efisiensi biaya. Dan hal itu ternyata efektif. Sebab selain hemat waktu, juga biaya mod demob material. Maka dari itu, walau bending baja dan biaya pengadaan alat tergolong mahal. Baiknya mesin bending maupun rol tersedia pada setiap workshop baja.

Tips memanfaatkan alat bending dan rol

Untuk melaksanakan pekerjaan  bending dan rol baja, sebenarnya 4 jenis alat ini cukup, yaitu:

1. Mesin tekuk/bending plat

Besar tonase tekan hingga 63 ton, serta lebar tekuk mencari 2,50 meter. Sistem kerja mesin hidrolik kontrol. Dan mampu bending plat baja sampai dengan tebal (t)= 8 milimeter.  Nah dengan alat ini, Anda bisa gunakan sekaligus untuk tekuk plat bordes, maupun plat strip.

2. Mesin rol plat hidrolik

Memiliki matras dengan bentuk silinder, sebanyak 3 buah, serta tersusun dengan jarak tertentu. Dan antara matras membentuk sumbu segitiga. Mampu mengerol plat hingga tebal 20 milimeter. Serta diameter lengkung 75 sentimeter.

3. Rol pipa mesin multi fungsi

Pada umumnya terdiri dari 2 pilihan, yakni manual dan otomatis. Hasil rol pipa manual tidak kalah dengan otomatis, hanya membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Disebut multi fungsi karena selain mengerol pipa, alat ini juga berguna untuk rol besi siku dan stal kotak. Cukup dengan mengganti matras sesuai bentuk profil besi. Oleh sebab itu, diantara 4 jenis mesin bending dan rol, pertama menjadi pilihan adalah mesin rol pipa.

4. Mesin bar cutter dan bar bending

Kegunaan mesin khusus untuk besi beton (polos dan ulir). Tidak bisa digunakan untuk besi profil lain. Namun memiliki 2 fungsi, yaitu tekuk dan potong (cut). Uniknya tergolong kecil, dan banyak dipakai oleh tukang batu. Yaitu untuk membuat besi tulangan cor. Dengan alat ini bending baja dan biaya pelaksanaan menjadi murah.

Kapasitas mesin penting untuk percepatan proses bending dan rol

Untuk percepatan proses bending maupun rol, sebaiknya menggunakan mesin hidrolik dan berkapasitas besar. Misal, untuk pipa besi Ø6” minimal menggunakan mesin rol dengan daya 20 PK. Jika kurang dari itu, dipastikan proses pengerolan sangat lambat. Dan hasilnya menjadi kurang bagus. Sering terjadi gepeng, serta bentuk lengkungan melintir. Sebab mesin bekerja secara otomatis. Sehinga tidak sembarangan untuk menghentikan pengerolan.

Sebaliknya, menggunakan mesin manual hasilnya sangat bagus. Sebab sewaktu-waktu dapat menghentikan proses rol, untuk memastikan letak material agar tidak melintir. Dengan demikian merusak permukaan material tetap bagus. Serta bentuk lengkungan sangat sempurna. Namun proses ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

[Intisari] Cara mendapatkan bending yang berkualitas

Hal lain yang menarik tentang bending baja dan biaya pelaksanaan pekerjaan. Yakni kerjasama 2 bidang ilmu pengetahuan sekaligus. Yaitu ahli konstruksi dan otomotif. Uniknya lagi, mereka wajib bekerjasama untuk mencapai hasil bending yang berkualitas. Bagaimana bentuk kerjasamanya, teknik pelaksanaannya, serta hubungannya dengan anggaran biaya?. Penjelasan terlengkap dan terkini, telah tertera dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!