BoQ Pekerjaan Pipa Besi Lengkung Dan Kebutuhan Alat Sambung [Part 1 of 4]

Setiap proyek bangunan umumnya telah memiliki BoQ. BoQ tersebut adalah dibuat oleh jasa arsitek. Alias yang merencanakan bangunan. Salah satu diantaranya adalah BoQ pekerjaan pipa besi. Yang berarti bahan utama yang dilaksanakan untuk pekerjaan tersebut adalah pipa. Lalu, bentuk konstruksi yang akan dibuat seperti apa?. Disini saya ambil salah satu contoh yaitu rangka atap lengkung.

Contoh bentuk atap bangunan yang sangat unik, dan terbuat dari rangka pipa baja.

Latar belakang dan manfaat BoQ

Beberapa pekan lalu saya telah menulis tentang perhitungan harga satuan borongan pekerjaan besi pipa. Kali ini lebih luas lagi. Atau, boleh disebut aplikasi dari harga satuan tersebut. Yakni untuk proses perhitungan anggaran biaya konstruksi atap lengkung.

1. Harga satuan pekerjaan sama dengan jumlah material yang digunakan

Dengan kata lain, masing-masing material baja konstruksi sebaiknya dihitung dengan harga satuan yang berbeda-beda. Sebab secara logika. Makin banyak material baja yang Anda pakai untuk konstruksi bangunan, maka harga satuan pekerjaan yang Anda butuhkan juga semakin beragam.

Maka dari itu, rangkaian artikel yang saya tulis sebelumnya ada 11 macam perhitungan material baja. Beberapa diantaranya pasti Anda butuhkan untuk mengisi BoQ pekerjaan pipa besi lengkung ini. Sebagaimana tertera pada contoh BoQ dibawah.

2. Manfaat BoQ secara khusus

Khusus pekerjaan konstruksi pipa, manfaat BoQ adalah untuk mengetahui jenis-jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan, serta jumlah biaya yang dibutuhkan untuk beli material besi pipa, bayar upah tukang, serta alat kerja yang digunakan selama pabrikasi, hingga ereksen konstruksi pipa.

Jadi, orientasi pekerjaan dan alokasi dana adalah material besi pipa. Supaya menjadi sebuah konstruksi bangunan yang berguna, maka harus melalui proses pabrikasi, pengecatan, dan terakhir instalasi/pemasangan (ereksen). Untuk melakukan itu semua tentu butuh alat, dan sejumlah tenaga kerja yang harus dibayar.

Contoh BoQ pekerjaan pipa besi lengkung

Konstruksi atap pipa lengkung umumnya terbagi menjadi 3 bagian utama. Antara lain kuda-kuda, regel pengaku kuda-kuda, serta rangka atap gording. Contoh kuda-kuda pipa lengkung bentang 52,0 m, seperti terlihat dibawah.

Pemasangan konstruksi kuda-kuda pipa dengan cara tumpuan jepit

1. Rincian pekerjaan kuda-kuda lengkung

Spek material utama yang digunakan antara lain:
– Pipa hitam 6″×7,5 mm. Untuk rangka kuda-kuda bagian/batang atas, dan bawah. Material ini lebih dulu bending, agar bentuknya lengkung.
– Pipa hitam Ø4″x3 mm. Untuk rangka kuda-kuda bagian tengah (batang vertikal dan diagonal).

Dengan demikian rincian pekerjaan yang harus Anda cantumkan dalam BoQ antara lain:
– Pemasangan besi pipa bending dia.6″×7,5 mm
– Pemasangan besi pipa Ø4″×4,5 mm
– Pasang plat landas T=10 mm
– Pasang plat pengaku T=6 mm
– Pemasangan angkur baut dia.16 x 600 mm
– Biaya las besi pipa T=6 mm
– Biaya cat besi

Disini volume, dan harga satuan pekerjaan sengaja tidak di sertakan. Karena fokus kita adalah tentang cara membuat rincian BoQ pekerjaan pipa besi. Seyogianya BoQ terdiri dari 3 unsur, yakni:
1. Rincian item pekerjaan. Lengkap dengan spek bahan.
2. Volume/tonase material besi
3. Harga satuan pekerjaan.

Cara menghitung tonase baja, dan harga satuan pekerjaan sudah ada kami posting dalam website ini. Silahkan browsing melalui kolom pencarian dalam halaman ini. Agar Anda bisa menemukan 2 unsur BoQ pekerjaan pipa besi tersebut.

2. Rincian pekerjaan regel pipa

Diantara 2 buah kuda-kuda pipa, selalu terpasang beberapa regel, yang berfungsi sebagai pengaku. Material regel tersebut umumnya juga terbuat dari besi pipa. Namun, ukurannya pasti lebih kecil dibanding rangka kuda-kuda.

Mengacu pada contoh kuda-kuda diatas. Material regel setidaknya pipa 3″x3,2 mm dan pipa 2,5″×2,6 mm. Terpasang dengan rangka kuda-kuda dengan sistem sambungan mur baut. Oleh sebab itu, rincian BoQ pekerjaan regel adalah:
– Pasang besi pipa Ø3″x3,2 mm
– Pasang pipa besi Ø2,5″×2,6 mm
– Plat buhul T=6 mm
– Mur baut M12x45 mm
– Biaya las
– Biaya cat

Khusus biaya las dan cat selalu muncul pada tiap-tiap BoQ pekerjaan pipa besi. Karena rangka besi pipa selalu menggunakan cat, dan di rangkai dengan cara mengelas.

Adapun sistem sambungan baut yang diterapkan pada regel adalah untuk memudahkan pemasangan rangka atap. Jadi, hal tersebut tidak berlaku untuk semua rangka kuda-kuda, dan rangka regel. Maka dari itu, kebutuhan mur baut pada rangka atap pipa pasti.sedikit.

Beda dengan kuda-kuda cremona siku. Cremona siku memprioritaskan sistem sambungan mur baut pada setiap rangka batang. Sementara kuda-kuda pipa menerapkan sistem las. Dalam hal ini kedua jenis kuda-kuda ini saling bertolak belakang.

Contoh sambungan antara 2 buah pipa baja

3. Item pekerjaan rangka gording dan perlengkapan

Rincian BoQ pekerjaan pipa besi lengkung paling akhir adalah gording dan perlengkapan atap lainnya. Terdiri dari:
– Gording baja CNP 150x65x20x3,2
– Ikatan angin besi beton dia.16 mm
– Trekstang besi beton 12 mm
– Plat sepatu gording dan ikatan angin T=6 mm
– Span skrup M19
– Mur trekstang dia.1/2″
– Mur baut gording M12x25 mm
– Cat besi

Dalam rincian ini, biaya las tidak perlu dicantumkan lagi. Karena mayoritas sambungan menggunakan baut. Adapun elemen rangka atap yang di las adalah sepatu gording, dan plat sepatu ikatan angin.

Quantity las pada pekerjaan tersebut tidak begitu banyak dibanding volume/tonase pekerjaan. Maka dari itu biaya las abaikan saja. Toh, alat sambung baut telah muncul dalam BoQ pekerjaan pipa besi, dan tergolong banyak.

Apakah BoQ rangka pipa lengkung beda dengan rangka pipa yang lurus?

Saya jawab tidak!. Rincian BoQ pipa lengkung ini boleh Anda jadikan acuan untuk membuat BoQ, bahkan RAB pekerjaan baja pipa yang lurus. Item pekerjaan saya jamin sama. Namun, soal harga satuan pasti beda.

Harga satuan pipa lengkung pasti lebih tinggi, karena material tersebut  melalui proses bending. Namun material pipa yang lain, misal rangka vertikal dan diagonal lebih murah. Sebab tidak perlu Anda bending. Oleh sebab itu harga satuan material sama dengan rangka pipa yang lurus.

Demikian contoh BoQ pekerjaan pipa besi. Lengkap dengan rincian material lain yang dibutuhkan untuk konstruksi besi pipa. Antara lain alat sambung mur baut dan las. Demikian pula cat besi.

1 thought on “BoQ Pekerjaan Pipa Besi Lengkung Dan Kebutuhan Alat Sambung [Part 1 of 4]”

  1. Pingback: Rincian Pekerjaan Kolom dan Rafter Baja WF Terlengkap Begini [Part 2 of 3] - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!