Urgensi Cat Dasar Konstruksi Baja Sebenarnya Seperti Ini

Fungsi material baja ada banyak ragamnya. Salah satunya adalah untuk konstruksi bangunan. Saat anda menggunakan material ini, sebagai bahan konstruksi, maka anda pasti memerlukan cat. Adapun jenis cat pertama, yang harus anda aplikasikan adalah cat dasar. Urgensi cat dasar konstruksi baja, paling utama adalah untuk mencegah korosi.

Cover artikel membahas tentang urgensi cat dasar konstruksi baja

Sementara itu, ada banyak manfaat cat anti karat. Penting anda pahami juga, anti karat baja sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Salah satu yang paling populer saat ini, adalah zincromate. Atau yang terkenal dengan istilah cat primer atau menie.

Adanya tenggang waktu yang cukup lama, yakni mulai dari proses pengadaan, penyimpanan hingga pengerjaan baja. Mengakibatkan material baja cepat korosi. Untuk itu, harus segera anda lapisi dengan cat dasar anti karat.

Dampak pelaksanaan cat dasar yang terlambat

Walau fungsi utamanya untuk mencegah korosi. Sebenarnya cat dasar juga berfungsi sebagai penghubung dan perekat. Yaitu antara material baja dengan cat akhir (finishing). Jadi, ada manfaat berantai yang kita peroleh, apabila kita mengecat baja dengan cat dasar. Tetapi bilamana pelaksanaan cat dasar terlambat, dampaknya pun ada. Yaitu pada 4 hal berikut ini:

1.Cat finishing menjadi tidak efisien dan efektif

Konstruksi baja yang tidak memiliki lapisan cat dasar, mengakibatkan daya sebar cat finishing menjadi tidak maksimal. Jika pada umumnya daya sebar 1 kilogram cat finishing, adalah 4-5 meter persegi. Tetapi bila tanpa cat dasar, daya sebarnya hanya 3 meter persegi saja. Penting anda ketahui, daya sebar cat finishing yang sesuai standar adalah 50-75 mikron. Dampak selanjutnya, karena daya sebar cat yang rendah, mengakibatkan bahan yang anda butuhkan makin banyak. Akhirnya terjadilah pemborosan biaya.

Sisi lain, bila anda mengabaikan cat dasar. Dan langsung melapisi baja dengan cat finishing. Sesungguhnya daya lekat cat tersebut tidak baik. Karena proteksi pada baja belum ada. Sehingga tidak ada jaminan, bahwa permukaan baja telah bersih. Tetapi bila sebelumnya, anda telah menggunakan cat dasar, maka segala kotoran yang menempel pada baja, misalnya debu, air dan korosi telah hilang.

2.Kekuatan konstruksi baja menurun

Faktor eksternal yang mempengaruhi kualitas konstruksi baja, adalah lingkungan alam. Yaitu terdiri dari: 1].lokasi bangunan dan, 2]. cuaca pada lokasi bangunan tersebut. Dua hal ini dapat menyebabkan kekuatan struktur baja menurun.

Proses penurunan kekuatan konstruksi, berawal sejak terjadinya karat pada baja. Kemudian, setelah salah satu rangka baja korosi, seluruh komponen rangka juga berpotensi mengalami korosi. Akhirnya, terjadilah perlemahan daya tarik, maupun daya tekan baja. Nah, akibat melemahnya daya tarik, serta daya tekan rangka baja, berarti kekuatan konstruksi telah menurun. Jadi urgensi cat dasar konstruksi baja, hingga saat ini tidak terbantahkan.

Gambar berikut adalah contoh struktur baja bertingkat. Dalam gambar terlihat, belum semua rangka baja menggunakan cat dasar. Silahkan anda perhatikan, kemudian berikan komentar anda, terkait urgensi cat dasar konstruksi baja. Bukankah pemasangan struktur baja seperti ini, harus kita hindari?.

Gambar struktur baja yang sudah terpasang namun belum seluruhnya menggunakan cat dasar

3.Usia pakai konstruksi baja tidak lama

Dampak selanjutnya, karena kekuatan kontruksi yang menurun, maka usia pakai konstruksi baja pun tidak lama. Sebenarnya daya tahan (usia pakai) konstruksi baja mencapai 150 tahun. Tetapi nyatanya banyak konstruksi baja, yang tidak mencapai usia tersebut. Contohnya, pergudangan di Kawasan Industri Terboyo, Semarang. Saat ini seluruh konstruksi baja pada kawasan tersebut telah berkarat, padahal umurnya masih setengah abad. Penyebabnya, bukan karena tidak menggunakan cat dasar, tetapi karena faktor lingkungan. Paling utama adalah karena berada pada pinggiran laut. Akibatnya, banyak bangunan tidak berfungsi lagi.

Konstruksi baja yang memiliki daya tahan paling lama adalah menara Eiffel. Walaupun bangunan ini telah memasuki usia 132 tahun. Faktanya menara ini tetap berdiri dan kokoh. Hal itu dapat kita buktikan, dimana hingga saat ini bangunan ini masih berfungsi. Artinya bukan suatu yang mustahil, bila umur menara ini bisa lebih dari 150 tahun. Sebab sebelumnya konstruksi ini, telah menggunakan cat dasar. Sehingga pelaksanaan perawatan cat lebih mudah.

4.Biaya perawatan konstruksi sangat tinggi

Melaksanakan perawatan bangunan (maintenance) memang suatu hal yang umum. Termasuk untuk merawat konstruksi, yang terbuat dari rangka baja. Namun walaupun sudah umum, jikalau memungkinkan, kegiatan ini tidak harus anda lakukan. Paling tidak dalam beberapa tahun kedepan, semenjak bangunan jadi. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan anggaran tahunan, untuk itu. Tetapi mungkinkah hal itu terealisasi, bila konstruksi baja tidak memakai cat dasar?. Pasti tidak. Tetapi justru sebaliknya, anda akan mengeluarkan biaya perawatan yang besar.

Jadi urgensi cat dasar konstruksi baja, juga berimbas pada perawatan bangunan. Dan wajib anda ketahui, biaya perawatan bangunan cenderung tidak terprediksi. Kadang memang karena faktor mendesak, misalnya harus mengganti baut konstruksi, karena telah berkarat. Tetapi ada pula karena faktor keinginan. Misalnya karena warna cat yang mulai pudar. Padahal sebenarnya masih memiliki daya lekat yang baik.

Singkatnya, meminimalisir biaya perawatan dapat anda lakukan, sejak proses pengerjaan konstruksi baja. Tujuannya supaya jangan sampai terlambat mengecat baja, dengan jenis cat dasar. Sehingga tampilan bangunan tetap terjaga, dan konstruksi baja tetap terproteksi dari korosi. Sama seperti yang berlaku pada menara Eiffel.

Contoh konstruksi baja paling bertahan lama saat ini karena memakai cat dasar sebagai proteksi terhadap karat

Urgensi warna cat dasar pada tampilan konstruksi

Jenis cat dasar, yang memiliki bermacam-macam warna adalah zincromate. Lain halnya dengan cat galvanis, yang hanya terdiri dari satu macam, yaitu silver (krom). Tetapi cat dasar zincromate memiliki puluhan jenis warna. Tersedianya bermacam jenis warna cat ini, memudahkan pengguna melakukan berimprovisasi, pada tampilan bangunan. Dengan kata lain, anda akan mudah menyelaraskan beberapa elemen. Misal, antara warna struktur baja dengan struktur beton. Yang walaupun keduanya harus menggunakan jenis cat yang berbeda. Namun dengan banyaknya pilihan warna, maka sangat mudah berpadu.

Jadi manfaat lain, yang kita peroleh dengan banyaknya ragam warna cat zincromate. Yaitu tampilan (estetika) bangunan menjadi bisa lebih cantik. Jadi tidak seperti jaman dulu, dimana warna cat dasar hanya beberapa macam saja. Antara lain merah tua, hijau tua, coklat, abu-abu dan hitam. Akibatnya tampilan konstruksi baja selau kontras dan tidak serasi, dengan elemen bangunan lainnya. Itu sebabnya urgensi cat dasar konstruksi baja, pada suatu bangunan sangat besar.

Jika anda bertanya. Bukankah cat zincromate hanya sebagai cat dasar, yang harus memerlukan cat akhir?. Jawabnya seperti ini. Sebenarnya tidak. Saat ini banyak bangunan dengan konstruksi baja, yang hanya menerapkan zincromate, sebagai cat dasar dan sekaligus sebagai finishing. Jadi tampilan konstruksi berasal dari warna cat dasar zincromate. Namun wajib anda ketahui, perlu tidaknya cat finishing baja, bukan disebabkan oleh tersedianya beragam warna cat. Supaya jangan sampai terjadi, biaya pengecatan baja pada tahap awal kecil, tetapi pada saat melaksanakan perawatan, biayanya besar.

Cara memilih warna cat dasar konstruksi baja

Rangka baja adalah salah satu sub pekerjaan struktur, yang berorientasi pada kekokohan. Tetapi juga dituntut agar terlihat cantik. Caranya, yang pasti harus dengan menerapkan cat berwarna. Dan penting anda pahami, memilih warna cat yang cocok dengan rangka baja, bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, saat memilih warna cat, 2 faktor ini harus anda pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu:

1.Pertimbangan tentang tata letak konstruksi baja

[Kasusu pertama]: Memilih warna cat berdasarkan tata letak konstruksi baja. Hal ini anda lakukan, apabila belum ada ketentuan dalam gambar dan dokumen proyek, yang menjelaskan mengenai hal tersebut. Sehingga anda sendiri yang harus memilih.

Berdasarkan tata letak (posisi) konstruksi baja, terdiri dari 2 macam. Yang pertama adalah berada didalam bangunan. Yang berarti konstruksi baja terlihat dari luar bangunan. Dan yang ke-2, konstruksi berada pada sisi luar bangunan, yang bisa terlihat dari luar bangunan. Nah, adanya perbedaan letak konstruksi ini, mengakibatkan warna catnya pun berbeda.

Cara yang benar mengimplementasikan, warna cat pada 2 macam posisi konstruksi tersebut, adalah seerti ini:

  1. Bilamana konstruksi baja didalam bangunan, maka warna cat yang anda gunakan, harus sesuai dengan interior bangunan. Misalnya, memadukan cat baja dengan warna cat plafon, atau dengan penutup atap.
  2. Tetapi jikalau stuktur baja terlihat dari luar, maka warna catnya harus anda selaraskan dengan fasad bangunan. Contohnya dengan warna cat tembok/beton, dengan warna kosen pintu dan jendela. Atau dengan elemen bangunan lainnya, seperti kanopi baja dan pagar.

Dengan menerapkan 2 hal ini secara tepat, berarti tampilan konstruksi baja menjadi akan cantik. Yang akhirnya akan berdampak pada tampilan bangunan.

2.Pertimbangan mengenai ketentuan RKS proyek baja

[Kasus kedua]: Dengan mempertimbangkan Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) proyek baja. Hal ini wajib anda lakukan, bila sebelumnya telah ada satu ketentuan, yang mengatur pelaksanaan pengecatan baja. Jadi, anda tidak boleh menerapkan sebagiamana pada kasus pertama. Melainkan harus sesuai ketentuan tersebut.

Seperti telah anda ketahu, RKS adalah satu-satunya dokumen yang paling berpengaruh, dalam pelaksanaan proyek baja. Karena seluruh ketentuan pelaksanaan suatu proyek, lengkap dalam dokumen ini. Termasuk mengenai metode pelaksanaan pengecatan baja. Oleh sebab itu saat menentukan warna cat, penting anda pelajari dokumen ini secara seksama. Sebab tidak hanya mengenai warna, RKS juga menjelaskan tentang jenis dan merek cat. Bahkan hingga pada pelaksanaan pengujian lapisan cat.

Singkatnya, dalam menentukan warna cat baja, pedoman harus RKS. Jadi bukan karena banyaknya ragam warna cat, sehingga anda dapat leluasa memilih jenis atau merek cat. Sebab saat pembuatan RKS pun, telah melalui pertimbangan-pertimbangan yang matang. Yaitu oleh arsitek, kala merancang bangunan tersebut.

Kesimpulan

Urgensi cat dasar konstruksi baja, secara keseluruhan berpengaruh pada Pelaksanaan cat finishing, kekuatan konstruksi, usia pakai konstruksi, dan pada biaya perawatan konstruksi. Tetapi agar 4 hal tersebut, tidak berdampak negatif pada bangunan, sebaiknya pelaksanaan cat dasar baja, segera anda lakukan. Dengan kata lain, jangan tunggu sampai konstruksi baja korosi.

Manfaat lain menerapkan cat zincromate pada konstruksi baja, selain untuk mencegah korosi. Juga untuk menambah daya tarik bangunan. Teknisnya adalah memilih warna cat dasar zincromate yang tepat. Yaitu dengan cara mempertimbangkan tata letak konstruksi, atau mengacu pada eksistensi RKS proyek baja.

Fungsi cat dasar zincromate ada 3 macam, yaitu: 1].Sebagai proteksi korosi, 2].Sebagai penghubung/perekat baja dengan cat finishing, 3].Sebagai cat akhir konstruksi baja. Penjelasan mengenai fungsi-fungsi ini, telah kami uraikan dalam artikel ini.

Demikian penjelasan kami, mengenai urgensi cat dasar konstruksi baja. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!