Biaya Las Kuda-kuda Pipa Baja Lengkung Dan Kuda-kuda WF Bentang 30 M

Sejauh ini belum pernah saya temukan BoQ konstruksi baja yang mencantumkan biaya las. Kalau mur baut, dan cat sudah sering. Mengapa demikian?. Menurut saya, karena orang yang menghitung volume pekerjaan tidak jeli. Bahwa pengelasan konstruksi baja butuh anggaran yang cukup besar.

rangka kuda-kuda baja pipa, berbentuk lengkung serta menggunakan cat warna kuning

 

Fakta di lapangan dan tujuan menghitung biaya pengelasan baja

Ketika Anda mengajukan penawaran konstruksi bangunan, yang terbuat dari material baja. Serta, melalui proses las. Sepantasnya biaya untuk pekerjaan las Anda cantumkan dalam penawaran.

Kecuali, sebagaimana saya singgung di paragraf pertama. Jikalau, BoQ bangunan telah tersedia. Maka, upaya yang bisa Anda lakukan adalah meminta kepada pihak perencana bangunan agar menambah item biaya las dalam BoQ yang sudah ada.

Akan tetapi, jikalau upaya tersebut tidak berhasil. Karena item-item pekerjaan bangunan sudah terkunci. Maka, jalan satu-satunya biaya pengelasan Anda masukkan dalam HSP (Harga Satuan Pekerjaan) baja. Jadi, pada intinya jangan sampai Anda abaikan.

Alasan menghitung biaya pengelasan baja sebenarnya bukan untuk mencari keuntungan semata. Tapi, berguna juga untuk menghitung kebutuhan kawat las. Dengan demikian, pada saat proses pabrikasi berlangsung, sudah ada volume pekerjaan las yang bisa Anda jadikan acuan.

Contoh perhitungan biaya las rangka kuda-kuda pipa lengkung

Untuk membuat satu buah kuda-kuda pipa baja. Komponen yang harus Anda las ada 3 yaitu: 1]. Plat landas, 2]. Rangka pipa vertikal, dan 3]. Rangka pipa diagonal.

Contoh kuda-kuda seperti terlihat di bawah ini. Misal, spek material kuda-kuda adalah sebagai berikut:
– Batang atas/bawah terbuat dari pipa hitam dia.4″
– Rangka kuda-kuda vertikal terbuat dari pipa dia.3″. Berjumlah 31 batang.
– Rangka diagonal adalah menggunakan pipa besi dia 2″. Sebanyak 30 batang.

proses pengelasan material baja konstruksi

 

A. Cara menghitung panjang las

Langkah pertama. Agar Anda mengetahui panjang las. Anda lebih dulu meng-konversi satuan ukuran diameter (D) besi pipa. Dari satuan inci ke meter. Kemudian, lakukan perhitungan panjang las yang terdapat pada seluruh rangka kuda-kuda tersebut. Lakukan dengan rumus berikut:

1. Kebutuhan (panjang) las base plat

Rumus = vi x D x Jumlah batang x 2
= 3,14 x 0,10 x 2 x 2
= 1,25 meter

2. Panjang las rangka pipa vertikal

= 3,14 x 0,075 x 31 x 2
= 14,60 meter

3. Panjang las batang pipa diagonal

3,14 x 0,05 x 35 x 2
= 9,42 meter

Jadi, total panjang las = 25,27 meter

B. Perhitungan anggaran biaya las

Sebagaimana saya tulis sebelumnya dalam artikel ini. Silahkan Anda baca. Bahwa biaya pelaksanaan pekerjaan las baja seharusnya tetap ada. Sekalipun dalam BoQ tidak muncul. Baiknya para jasa konstruksi baja bangunan memperjuangkan hal ini terus. Agar item pekerjaan las muncul tersendiri.

Oke. Kembali pada perhitungan biaya. Mengacu pada harga satuan pekerjaan yang kami buat sebelumnya. Untuk pengelasan baja konstruksi per meter lari adalah Rp 204.219,-

Dengan demikian, anggaran biaya pekerjaan las untuk rangka kuda-kuda pipa tersebut adalah
= 25,27 x Rp 204.219,-
= Rp 5.160.614,13
Pembuatan menjadi Rp 5.160.000,-tersebut adalah

Perbandingan biaya las dengan kuda-kuda WF

Setelah mengetahui biaya pengelasan untuk membuat 1 unit kuda-kuda pipa. Sekarang, mari lihat perbandingan jika kuda-kuda terbuat dari baja WF. Apakah lebih murah, atau justru lebih mahal.

Untuk bentangan 30 meter. Kuda-kuda minimal terbuat dari WF 350×175. Dengan demikian diketahui rincian pemakaian material untuk pelengkap kuda-kuda adalah sebagai berikut:
plat lekat ukuran 175×700 mm sebanyak 2 buah
– 2 buah plat sambung ukuran 165×500
– 2 buah plat sambung ukuran 300×400
– 8 buah plat rib ukuran 175×350 mm

instalasi rafter (kuda-kuda) baja WF

Langkah selanjutnya adalah menghitung panjang las. Tahap ini berlaku untuk semua pekerjaan konstruksi baja. Guna mengetahui biaya las yang sesungguhnya harus Anda alokasikan.

Adapun dasar perhitungan adalah berdasarkan rincian pemakaian plat kuda-kuda WF. Hal itu disebabkan pemasangan plat baja terhadap material WF, seluruhnya adalah menggunakan sambungan las.

1. Rincian perhitungan panjang las

Pengelasan pada plat lekat yang Akan digunakan untuk membuat kuda-kuda WF:
= ((4 x 0,175) + ( 2 x 0,35)) x 2
= 2,80 meter

Mengelas plat sambung batang kuda-kuda bagian sayap (flange) :
= (0,165 + 0,50) x 2 x 2
= 2,66 meter

Mengelas plat sambung batang kuda-kufa bagian badan (web) :
= (0,30 + 0,40) x 2 x 2
= 2,80 meter

Panjang las plat rib kuda-kuda :
= (0,175 + 0,35) x 2 x 8
= 8,40 meter

Jadi, total panjang las = 16,66 meter.

Sampai disini sudah bisa Anda lihat kan perbedaan dengan panjang las kuda-kuda pipa?. Lebih sedikit pengelasan untuk membuat kuda-kuda WF bukan?.

Iya, tentu. Kondisi seperti ini juga akan kita temui, bilamana kuda-kuda terbuat dari baja gabungan. Pun, jika Anda bandingkan dengan rangka batang model/bahan yang lain. Bagaimanapun soal biaya las, pasti baja WF tetap lebih hemat.

Maka dari itu, urusan konstruksi rangka atap. Sistem portal frame sangat digemari hingga saat ini. Selain hemat biaya, praktis, simpel, dinamis dan cantik.

2. Anggaran biaya pengelasan kuda-kuda WF 350

Oke. Melengkapi perbandingan biaya antara kuda-kuda pipa dan baja WF. Total biaya yang Anda perlukan untuk membuat kuda-kuda WF 350 adalah:

= 16,66 x Rp 204.219,-
= Rp 3.402.288,54
Pembuatan menjadi Rp 3.402.000,-

Jadi, selisih biaya mencapai 34%. Sangat siginifikan bukan?. Lalu, masih mau pakai rangka atap pipa?. Dengan mengorbankan biaya sebesar itu. Tentu tidak bukan?. Andai kata terpaksa. Pasti ada alasan yang kuat agar Anda mau memilih kuda-kuda pipa besi.

[Penutup] Ketentuan anggaran biaya pengelasan & konversi ke tonase baja

Pula, perlu di ingat. 2 jenis perhitungan biaya diatas adalah hanya untuk membuat 1 batang kuda-kuda. Bukan 1 stel. Yang dimaksud dengan 1 stel kuda-kuda adalah terdiri dari 2 batang kuda-kuda yang sama, atau berbeda bentuk. Berguna sebagai konstruksi utama pada sebuah rangka atap.

Lalu, untuk mengetahui seluruh biaya pengelasan kuda-kuda yang Anda butuhkan pada satu proyek. Anda harus menghitung jumlah kuda-kuda. Kemudian, kalikan dengan biaya las. Contoh. Kuda-kuda WF 350 = 16 buah. Maka biaya pengelasan untuk membuat kuda-kuda adalah sebesar:
= 16 x Rp 3.402.000,-
= Rp 54.432.000,-

Selanjutnya, guna mengetahui sebesar apakah biaya pengelasan kuda-kuda terhadap tonase baja. Disini saya lampirkan perhitungan tonase kuda-kuda baja, per buah antara lain:

  • WF 350 = 36 x 49,6 kg =1.785,60 kg
  • Plat T=12 mm = 47,15 kg
  • Plat T=8 mm = 42,53 kg

Jadi, tonase 1 buah kuda-kuda WF 350 adalah = 1.875,28 kg
Seluruh kuda-kuda :
= 16 x 1.875,28 kg
= 30.004,48 kg

Konversi biaya las terhadap tonase kuda-kuda adalah:
= Rp 54.432.000 : 30.004,48 kg
= Rp 1.814,12 / kg

Setelah mengetahui ini semua (biaya rata-rata pengelasan per kilogram baja). Akan timbul pertayaan, apakah biaya pemasangan satu jenis konstruksi baja telah meliputi pekerjaan las?. Mengingat, item pekerjaan las jarang tercantum dalam BoQ.

Jika Anda sedang mencari Jasa Pembuatan Website MLM atau Website Replika kami merekomendasi Cekotechnology Jasa Website MLM Terbaik saat ini, sudah banyak pembisnis sukses menggunakan layanan Solusitech sebagai Jasa Pembuatan Website sudah tidak diragukan lagi kemampuan TIM Programmernya. Atau bisa kunjungi kami di Jagoan Studio

dan jika Anda sedang mencari jasa sewa mobil bisa ke Jagoan Trans. Kami semua berada di PT Kreativitas Digital Indonesia / KDI

1 thought on “Biaya Las Kuda-kuda Pipa Baja Lengkung Dan Kuda-kuda WF Bentang 30 M”

  1. Pingback: Biaya Pemasangan Plat Kopel Sambung Baja Dan Perhitungan Yang Tepat [Part 3of 3] - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!