Persamaan Yang Unik Antara Besi Pipa Hitam Dan Besi Stal Kotak Begini

Dari sekian banyak ragam besi pipa, yang digunakan sebagai bahan bangunan. Ternyata jenis besi pipa hitam lah yang memiliki peran paling banyak. Selain dapat digunakan sebagai material untuk pekerjaan struktur. Pipa hitam juga sangat cocok untuk pekerjaan yang berkaitan dengan arsitektural.

Mengenal 12 kelebihan material pipa besi untuk bahan bangunan

Namun, pembahasan utama kali ini bukan lah soal sifat/jenis pekerjaan bangunan. Tapi, eksistensi material pipa hitam. Sebagai bagian dari kelompok material baja profil. Ternyata, juga memiliki keunikan bersama dengan besi stal kotak.

Persamaan besi pipa hitam dan stal kotak

Setidaknya ada 5 macam, yaitu ditinjau dari:

1. Ciri khas bahan

Pertama, adalah sama-sama memiliki rongga. Besi pipa dengan lubang bulat, menyerupai sebuah tabung. Sementara, besi stal kotak. Adalah memiliki rongga yang berbentuk kotak. Oleh sebab itu, terkenal dengan sebutan stal kotak. Sebenarnya nama lain dari material ini adalah besi holow.

Ciri lain kedua material adalah memiliki permukaan batang yang sangat rapih, dan halus. Sehingga kesan keras, atau kaku. Tidak begitu menonjol. Oleh sebab itu material ini tergolong serba guna.

Dalam lingkup proyek bangunan, besi pipa hitam dan besi holow tidak hanya digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Tapi, termasuk untuk keperluan instalasi. Khususnya pipa hidrant, penangkal petir, penyejuk ruangan. Bahkan bahan untuk membuat perabot/furnitur rumah tangga.

2. Fungsi khusus pada konstruksi bangunan

Pipa besi diameter 2″ kebawah, umumnya digunakan untuk membuat railing, rangka kanopi, pagar, tangga monyet, dan rangka/kosen pintu. Dengan kata lain semua pekerjaan yang berkaitan dengan finishing, dan estetika bangunan.

Sementara, diameter 2,5″ keatas, adalah digunakan untuk tiang kolom, balok gabungan, bracing, sekur, bahkan rangka batang kuda-kuda lengkung, dan space frame biasa. Maka dari itu, khusus pipa besi ukuran besar tergolong material struktural. Sebab kegunaannya berkaitan dengan kekuatan struktur bangunan.

Sama hal nya dengan besi stal kotak. Kehadiran material ini pada konstruksi bangunan boleh dibilang sebagai pengganti material besi pipa hitam. Baik untuk pekerjaan struktur, maupun arsitektur.

Pengganti maksudnya disini adalah sebatas alternatif. Misal, ukuran material pipa yang Anda butuhkan ternyata tidak tersedia di toko bahan bangunan. Maka, daripada menunggu lama. Anda boleh menggunakan material besi holow.

3. Cocok digunakan secara sama-sama

Keunikan yang lain dari kedua material ini. Besi pipa dan besi holow sangat cocok Anda gunakan secara bersama-sama. Untuk membuat salah satu konstruksi bangunan, atau lebih.

Contoh ketika membuat tangga monyet. Material besi pipa berfungsi sebagai tiang. Sementara anak tangga adalah terbuat dari besi holow. Dengan demikian pijakan anak tangga akan terasa lebih nyaman. Karena datar. Bukan melengkung. Sebagaimana jikalau anak tangga terbuat dari besi pipa.

Contoh berikutnya adalah ketika membuat kanopi. Besi holow sangat cocok untuk rangka atap. Karena memiliki tampilan minimalis, relatif ringan, serta untuk memudahkan pemasangan atap.

Tapi, material untuk tiang kanopi. Sebaiknya Anda gunakan besi pipa hitam. Karena material ini sangat kokoh untuk menahan beban tekan, yang berasal dari rangka, dan atap kanopi.

4. Cara pemasangan

Terkait cara pemasangan kedua material. Disebut unik karena besi pipa dan besi holow hanya cocok dengan sistem sambungan las. Artinya, untuk menggunakan material ini pada salah satu keperluan konstruksi bangunan. Anda hanya bisa melakukan pengerjaan dengan menggunakan alat sambung las. Bukan dengan sistem baut mur.

Alasan utama menerapkan sambungan las adalah disebabkan oleh bentuk material yang berongga. Sehingga tidak memiliki wadah untuk memasang mur baut. Kecuali lebih dulu menambah plat buhul. Pada besi pipa hitam, atau stal kotak.

Namun, upaya tersebut berdampak pada penambahan biaya. Untuk membeli dan mengerjakan plat besi lembaran. Maka dari itu lebih praktis, dan efisien menggunakan sambungan sistem las.

5. Perhitungan biaya pasang

Khusus untuk pekerjaan arsitektural. Misalnya ketika Anda membuat railling balkon. Biaya pemasangan material pipa, atau stal kotak yang Anda gunakan umumnya dihitung dengan satuan meter lari. Hal yang sama juga terjadi pada pekerjaan tangga, atau gril tutup saluran.

Selain dalam satuan meter lari. Kedua material tersebut sering juga dihitung dengan cara Lump Sum, atau per unit. Hal ini diakibatkan oleh volume pemakaian material yang relatif kecil.

Beda lagi dengan pekerjaan struktur bangunan. Volume material besi pasti dihitung secara kiloan. Hal itu dilakukan walau material yang Anda gunakan sebenarnya sama dengan pekerjaan arsitektur. Misal besi pipa hitam dia.2″.

Mengapa demikian?. Jawabnya. Karena material pipa dan stal kotak termasuk material baja multi guna. Dan, sangat fleksibel dalam hal satuan pekerjaan, maupun perhitungan anggaran biaya.

Contoh railing tangga minimalis yang terbuat dari besi stal kotak

Versi berbeda; antara besi pipa dan besi holow

Melengkapi informasi penting bagi teman-teman sekalian. Disini saya sampaikan pula 2 jenis perbedaan yang signifikan antara material bulat, dan kotak tersebut.

1. Proses pembuatan material

Material pipa baja dibuat dengan metode Hot Rolled Sharp. Sedangkan besi holow adalah dengan cara Cold Form Steel. Lebih jelas tentang kedua metode pembuatan material baja ini. Silahkan Anda baca dalam artikel ini.

2. Tebal profil

Material besi stal kotak jauh lebih tipis dibanding besi pipa hitam. Sebagai contoh. Kita ambil satu ukuran yang hampir sama. Yakni besi stal 4×4 dan pipa dia.1,5″. Menurut tabel, besi holow paling tebal hanya 1,2 mm. Sementara, pipa besi dia.1,5″ tersedia sampai dengan tebal.3,2 mm. Jauh sekali bukan?.

Lagi, terkait dengan ukuran bahan. Besi holow hanya tersedia dengan panjang 6,0 meter. Sementara, panjang besi pipa tersedia 3 macam, antara lain: 6,0 meter, 9,0 meter dan 12,0 meter.

2 hal diiatas, adalah sebagai bukti bahwa material besi pipa lebih banyak digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Dibanding besi holow.

[Penutup] Tips menggunakan material besi

Kalau ingin konstruksi bangunan Anda bagus, dan kokoh. Namun hemat, serta tampil sempurna. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan material besi sesuai dengan fungsi yang sebenarnya. Artinya, jangan memilih material/bahan bangunan sesuai dengan selera Anda sendiri. Padahal material tersebut tidak tepat. Atau, bukan yang terbaik.

Kedua, menggunakan material yang memenuhi SNI. Dalam hal ini sebaiknya pikir ulang untuk membeli material yang murah. Sebab ada kemungkinan material tersebut adalah stok lama, rejek, atau kualitas rendah. Alias ukuran banci.

Dan, yang ketiga adalah pakai jasa arsitek yang profesional. Sekedar konsultasi, atau jikalau memungkinkan hingga proses perencanaan/perancangan desain bangunan. Serta pengawasan proyek. Dalam hal ini, biaya jasa yang Anda alokasikan pasti sebanding dengan apa yang Anda peroleh bersama sang arsitek.

Semoga penjelasan ini membuka wawasan teman-teman sekalian. Bahwasanya masih banyak misteri yang belum terpecahkan terkait material baja. Tentu, bukan hanya besi pipa hitam dengan besi holow. Baja profil lain juga masih penuh misteri.

Jika Anda sedang mencari Jasa Pembuatan Website MLM atau Website Replika kami merekomendasi Cekotechnology Jasa Website MLM Terbaik saat ini, sudah banyak pembisnis sukses menggunakan layanan Solusitech sebagai Jasa Pembuatan Website sudah tidak diragukan lagi kemampuan TIM Programmernya. Atau bisa kunjungi kami di Jagoan Studio

dan jika Anda sedang mencari jasa sewa mobil bisa ke Jagoan Trans. Kami semua berada di PT Kreativitas Digital Indonesia / KDI

1 thought on “Persamaan Yang Unik Antara Besi Pipa Hitam Dan Besi Stal Kotak Begini”

  1. Pingback: Harga Borongan Pekerjaan Besi Pipa Dan Besi Holow Konstruksi [Part 6 of 11] - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!