Struktur Menara Masjid Terbuat Dari Baja Profil Seperti Ini Jamin Kokoh Dan Bagus

Ada 2 kata kunci yang perlu kita bahas lebih dulu, terkait dengan topik struktur menara masjid. Yaitu mengenai wujud menara pada umumnya, serta material baja profil. Anda harus paham hubungan kedua unsur ini agar bisa mengaplikasikan dengan tepat dan benar.

Bicara tentang menara pasti imajinasi kita dibawa pada suatu tempat yang tinggi. Namun, tempat tersebut sangat ramping (kecil). Sementara, bicara tentang baja profil. Yang pertama akan kita bayangkan adalah material baja yang berukuran besar. Sangat keras, dan kokoh.

teknik dasar merancang menara masjid agar memiliki struktur yang kuat. Salah satu dengan cara menggunakan material baja profil.

Fungsi baja profil pada sebuah menara

Sebagai bahan bangunan yang di daulat lebih dulu untuk material struktural. Kegunaan baja profil pada menara masjid ada 3, yaitu:

1. Tiang kolom

Komponen ini bisa Anda pasang mulai dari bawah (lantai dasar), hingga konstruksi rangka atap. Jadi, tidak perlu kombinasi dengan kolom beton. Cor beton disini berfungsi sebagai pondasi saja. Selebihnya, semua material yang Anda gunakan untuk struktur menara masjid adalah baja.

Material baja profil yang cocok untuk kolom adalah WF, H-Beam, dan pipa besi. Pula bisa Anda lakukan kombinasi antara 3 jenis material ini. Misalnya bagian bawah pakai besi H-beam, lalu bagian atas pakai WF.

Alternatif yang lain adalah paduan beberapa ukuran material baja. Baik antara material yang sejenis, maupun beda jenis. Contoh, tiang kolom paling bawah pakai pipa 8″, kemudian sambung dengan pipa dua.6″ dan seterusnya. Hingga rangka atap menara.

Manfaat memadukan ukuran/jenis material adalah untuk efisiensi. Dari segi biaya upah, maupun pemakaian material sendiri. Hal itu sekaligus untuk menjamin agar pondasi tetap mampu menopang struktur menara masjid. Sebab, jikalau dimensi material terlalu besar, maka beban pondasi akan semakin berat.

2. Balok struktur

Setiap menara pasti membutuhkan balok. Apakah berfungsi hanya sebagai pengikat antara kolom, atau sekaligus sebagai tumpuan lantai. Tapi, satu yang pasti. Kalau bangunan menara semakin tinggi. Maka akan membutuhkan balok struktur yang makin banyak pula.

Nah, disini lah peran material baja. Setelah Anda menggunakan tiang kolom baja. Pasangan yang tepat untuk balok adalah baja profil juga. Bisa Anda gunakan material yang sama dengan kolom. Atau, baja profil gabungan, atau hasil rekayasa. Seperti baja kastela.

Namun demikian, bilamana kolom struktur menara masjid ternyata cor beton bertulang. Sebenarnya pakai balok baja juga memungkinkan. Justru memiliki kelebihan tersendiri. Selain kokoh, pelaksanaan pekerjaan akan lebih cepat. Sebab dikerjakan oleh 2 team. Yakni team baja, dan team beton.

3. Rangka atap menara

Material baja untuk membuat rangka atap menara pada umumnya sama dengan bangunan-bangunan yang lain. Dalam hal ini tentunya baja profil yang berukuran lebih kecil. Misalnya besi siku, stal kotak, CNP, UNP dan sebagainya.

Intinya, sama sekali tidak ada pengecualian tentang jenis material yang harus digunakan. Sekalipun atap menara pada ketinggian 100 meter, atau lebih. Dan, menara tersebut digunakan untuk apa.

Terkait pemakaian material baja, persoalan pertama adalah Anda harus tahu jenis atap yang digunakan. Supaya Anda bisa merancang rangka atap menara yang efisien, bagus, dan kokoh.

Faktor kedua adalah letak struktur menara masjid. Apakah dekat laut, daerah rawan banjir dan rob. Atau, justru berada di daerah yang aman dari korosi. Hal ini kaitannya adalah finishing konstruksi baja.

Sebab bagaimana pun, rangka atap dan material baja yang digunakan sebagai struktur, harus Anda jamin tidak bakal korosi. Supaya usia pakai bangunan bisa lama. Satu-satunya musuh kami, dan orang-orang yang bergerak di bidang konstruksi baja, hanya korosi. Oleh sebab itu, jangan pernah sepele.

Fungsi arsitektural material baja pada sebuah menara masjid

Selain 3 komponen utama tadi, struktur menara masjid juga harus dilengkapi dengan komponen-komponen arsitektural. Agar menara berfungsi dengan bagus, aman dan nyaman. Komponen tersebut juga, terdiri dari 3 jenis yaitu:

1. Tangga

Secanggih apapun menara yang Anda bangun, pasti tetap membutuhkan tangga manual. Karena fungsi tangga disini adalah sekaligus untuk jalur penyelamatan. Kalau sampai terjadi keadaan darurat. Misal kebakaran, huru-hara, gempa dan sebagainya.

Pula, walaupun menara masjid menggunakan lift, serta hanya digunakan oleh/untuk orang-orang tertentu. Tetap saja pemasangan tangga wajib Anda lakukan. Persoalan ukuran tangga yang kecil (sempit), karena menara sangat ramping adalah hal kedua. Yang penting adalah eksistensi tangga. Wajib ada.

Material tangga

Tentunya adalah material baja. Seperti baja UNP, besi L, plat bordes, dan perlengkapan pemasangan tangga. Antara lain base plate, mur baut dan angkur. Jadi, seluruhnya hanya 6 jenis material. Anda sudah bisa membuat tangga untuk struktur menara masjid.

Alternatif material baja yang lain. Supaya lebih hemat. Anda bisa menggunakan besi CNP. Khusus pekerjaan ini, material yang menyerupai hufuf C ini justru multi fungsi. Yaitu sebagai balok dan tiang. Serta, anak tangga. Jadi, sangat efisien dari segi pemakaian bahan. Dan efektif, bila tinjau dari proses pengerjaan.

Jenis tangga yang bagus

Kembali pada karakteristik konstruksi menara. Agak sempit, dan tinggi. Maka, jenis tangga yang pas untuk kondisi tersebut adalah: 1]. Tangga putar, dan 2]. Tangga trap bentuk U. Cara menentukan tangga yang paling cocok, adalah dengan pertimbangan berikut:

1. Bilamana luas bangunan <9,0 meter persegi. Maka, pakai jenis tangga putar.
Dengan demikian, Anda tetap memiliki space di dalam menara. Untuk melakukan aktivitas lain

2. Bila, ternyata >9,0 m2. Anda bisa menggunakan jenis tangga trap. Pula, tidak menutup kemungkinan tetap pakai tangga putar. Kalau struktur menara masjid tidak terlalu tinggi. Misalnya kurang dari 12,0 meter.

Dalam hal ini, saya tidak menyarankan pakai tangga monyet. Walaupun menara masjid hanya setinggi 6,0 meter. Atau, kurang. Karena penggunaan tangga monyet sifatnya bukan untuk rutinitas, tapi temporer. Sehingga sangat berlawanan dengan fungsi menara masjid.

2. Railing

Komponen ini pada bangunan menara sangat dibutuhkan, karena berfungsi sebagai perlindungan. Bagi orang yang berada di atas tangga, teras dan puncak menara. Oleh sebab itu harus pakai material yang kokoh. Cara pemasangan yang benar. Pula, tidak kalah penting adalah harus bagus. Sebab komponen ini termasuk bagian dari estetika menara. Yang selalu terlihat dari luar bangunan.

Jadi, ada 2 aspek yang harus diperhatikan terkait pemasangan tangga pada struktur menara masjid. Yaitu aspek fungsi, dan aspek tampilan. Nah, material yang paling bagus dan mampu menjawab 2 kebutuhan tersebut adalah baja profil.

Jenis-jenis material baja yang cocok untuk railing menara adalah besi pipa, dan stal kotak. Namun, bisa juga dengan cara rekayasa. Yakni memadukan 2 jenis bahan atau lebih. Misalnya antara besi plat strip dengan stal kotak. Atau, besi pipa dengan plat baja lembaran yang telah di potong-potong.

Intinya, banyak cara agar fungsi railing tercapai dengan bagus. Lalu, estetika menara masjid juga tercapai dengan sempurna.

3. Penangkal petir

Komponen penangkal petir pada struktur menara masjid sangat penting, karena berfungsi untuk mencegah sambar petir. Khususnya menara yang memiliki ketinggian >10,0 meter. Wajib Anda lengkapi dengan komponen ini.

Sebenarnya pemasangan penangkal petir adalah bukan wewenang team konstruksi baja. Tapi, oleh bagian instalasi bangunan. Tapi, pekerjaan tersebut membutuhkan material besi. Yaitu untuk tiang penangkal petir.

Maka dari itu, secara tidak langsung pemasangan penangkal petir berkaitan dengan konstruksi baja. Bahkan, tidak jarang “orang baja” (sebutan bagi tukang konstruksi baja) lah yang harus memasang konstruksi penangkal petir. Sebab bagian instalasi tidak berani. Hahaha…

Bersambung…
Artikel bagian ke-2 akan membahas tentang kelebihan menggunakan material baja pada struktur menara masjid. Tautan untuk artikel tersebut, klik disini.

Jika Anda sedang mencari Jasa Pembuatan Website MLM atau Website Replika kami merekomendasi Cekotechnology Jasa Website MLM Terbaik saat ini, sudah banyak pembisnis sukses menggunakan layanan Solusitech sebagai Jasa Pembuatan Website sudah tidak diragukan lagi kemampuan TIM Programmernya. Atau bisa kunjungi kami di Jagoan Studio

dan jika Anda sedang mencari jasa sewa mobil bisa ke Jagoan Trans. Kami semua berada di PT Kreativitas Digital Indonesia / KDI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!