Contoh Job Desk Tukang Yang Tepat Melaksanakan Fabrikasi Baja (Part 1 of 2)

Kalau sebelumnya saya sudah membahas tentang job desk fabrikasi baja. Kali ini akan kami uraikan contoh job desk tukang, untuk melaksanakan pabrikasi konstruksi baja dengan benar. Apa tujuannya?. Yaitu untuk efisiensi biaya, waktu, serta untuk menjamin bahwa kualitas pekerjaan sudah bagus.

Briefing pagi termasuk salah satu kesempatan yang bagus untuk memaparkan job desk kepada tukang

 

Beda job desk dengan metode kerja

Mungkin Anda bertanya. Bukankah job description (singkatan dari job desk) sama dengan metode kerja?. Jawabnya tidak!. Sekalipun memang ditemukan beberapa kesamaan, tapi secara teknis dan target (manfaat/sasaran yang akan dicapai) dua hal itu beda.

Sebelum masuk kepada contoh job desk. Penting diketahui, misal dalam lingkup pekerjaan konstruksi. Job desk adalah pembagian tugas dan tanggungjawab yang harus dijalankan oleh tukang untuk membuat suatu konstruksi baja, sesuai dengan bentuk yang tertera dalam gambar kerja.

Lalu, metode kerja adalah langkah-langkah kerja (cara) yang harus di patuhi oleh tukang agar tujuan pembuatan konstruksi baja terlaksana dengan benar, dan tepat. Mengapa harus patuh?. Karena metode kerja dibuat sebagai rambu-rambu, tata laksana, dan berlaku untuk semua tenaga kerja konstruksi.

Jadi disini job desk, dapat kita analogikan sebagai Hukum Materil (Undang-undang), sementara metode kerja adalah sebagai Hukum Acara. Atau, peraturan-peraturan. Oleh sebab itu, antara job desk dan metode kerja saling melengkapi. Alasannya begini.

Anda tidak bisa melaksanakan metode kerja dengan benar, kalau tidak di imbangi dengan pembagian tugas kepada tukang dengan jelas. Sesuai dengan spesialisasi, atau keterampilan mereka.

Sebaliknya, sekalipun contoh job desk sudah Anda paparkan kepada tukang. Untuk diterapkan ada proyek baja yang baru. Tapi, kalau tidak ada metode kerja dipastikan pekerjaan konstruksi juga akan berjalan tidak sesuai dengan harapan.

Contoh-contoh job desk pabrikasi

Job desk dibawah ini sengaja kami buat acak. Atau, tidak untuk melakukan fabrikasi baja 1 jenis proyek. Supaya Anda bisa mengembangkan job desk ini sesuai dengan kebutuhan proyek Anda saat ini.

Posisi dan proses pemasangan plendes besi WF yang terbaik di workshop baja

a. Fabrikasi kolom WF

Spesifikasi tugas yang harus Anda lakukan antara lain:
1. Mengukur
2. Memotong
3. Mengebor
4. Mengelas

Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah minimal 5 orang. Antara lain 1 orang helper (tenaga kerja bantu), 1 orang tukang ukur, tukang potong, tukang las, dan bagian mengebor. Atau, membuat lubang baut.

Dalam hal ini finishing cat baja kita anggap team sendiri. Karena pekerjaan ini tergolong spesialis. Yang mana harus dilaksanakan di tempat yang terpisah dari team pabrikasi baja. Begitu juga biaya cat umumnya juga dibukukan secara terpisah dari biaya pabrikasi baja.

Team pabrikasi plat baja

Persoalannya pada saat fabrikasi baja WF. Material yang harus Anda potong, sebenarnya bukan saja material WF. Tapi, ada pula plat baja lembaran. Yakni untuk membuat plendes, stiffners dan komponen-komponen lain. Apakah cukup tenaga kerja yang 5 orang tadi?. Pasti tidak.

Job desk yang harus dilaksanakan memang 1 paket. Tapi, karena material yang dikerjakan beda. Maka dari itu, Anda harus membentuk team tersendiri. Yakni untuk membuat/menyediakan komponen plat kolom. Personil yang dibutuhkan untuk ini minimal 1 orang.

Team mengebor plat baja

Pula setelah Anda membentuk team yang bertugas untuk memotong plat. Sebagaimana kita ketahui bahwa plat baja tersebut juga harus di lubang. Yakni untuk membuat plendes. Maka yang bertugas untuk pekerjaan tersebut juga harus ada. Yakni 1 orang.

Dengan demikian, total tenaga kerja yang harus Anda sediakan untuk pabrikasi baja WF adalah 7 orang. Sehingga proses fabrikasi bisa berjalan lancar, serta sesuai metode kerja.

Kurang dari itu, sebenarnya juga bisa. Tapi, pelaksanaan fabrikasi pasti lambat. Dan, konstruksi baja yang dikerjakan kemungkinan besar berkualitas buruk. Sebab, dikerjakan dengan cara serabutan.

b. Fabrikasi konsol WF belah

Contoh job desk tukang ketika melakukan fabrikasi konsol. Khususnya yang terbuat dari material baja WF belah. Teman-teman tahu kan maksud baja WF belah?. Yaitu, material WF yang sengaja di belah secara memanjang, untuk digunakan sebagai material konstruksi.

Ragam cara memasang konsol pada konstruksi baja, saat proses konstruksi dan pasca konstruksi

Nah, karena proses Fabrikasi konsol ternyata bukan saja melakukan pemotongan. Tapi, termasuk membelah. Maka tugas tukang disini double. Sehingga harus dilakukan oleh 2 orang.

Pada hakekatnya item pekerjaan yang harus dilakukan tukang saat fabrikasi konsol adalah sama dengan pabrikasi kolom. Hanya dimensi material, serta komponen-komponen yang harus Anda padang relatif kecil.

Namun demikian, jumlah tenaga kerja yang harus Anda siapkan untuk melakukan fabrikasi konsol model seperti ini, tidak harus 7 orang. Tapi, 5 orang sudah cukup. Dalam hal ini, tenaga kerja yang menyediakan plat baja, serta lubang baut yang terdapat pada plat tersebut adalah team yang sama. Ketika Anda melakukan fabrikasi kolom baja WF.

c. Pabrikasi kuda-kuda rangka pipa lengkung

Kalau lebih kompleks. Ini teman-teman. Contoh job desk fabrikasi kuda-kuda pipa lengkung. Item pekerjaan dan personil yang dibutuhkan terdiri dari:
1. Mengukur panjang besi pipa = 1 orang
2. Memotong secara tegak lurus, dan serong = 2 orang
3. Membuat/cek mal kuda-kuda = 1 orang
4. Bending pipa = 4 orang
5. Setting rangka kuda-kuda = 3 orang
6. Melakukan las titik = 2 orang
7. Mengelas full = 3 orang

Jadi, jumlah tenaga kerja yang ideal melakukan pekerjaan ini adalah 16 orang. Namun perlu di ingat, mengenai jumlah personil khusus untuk pabrikasi material pipa tidak bersifat baku.

Adakalanya jumlah kuda-kuda yang harus Anda fabrikasi sangat banyak. Serta, menggunakan material-material pipa yang berukuran besar. Sementara time schedule Anda mepet. Maka jalan satu-satunya Anda harus menambah tukang, dan alat kerja.

Untuk hal-hal demikianlah sehingga diperlukan contoh job desk. Yaitu untuk memudahkan Anda mengembangkan “skenario” pembagian tugas tenaga kerja, agar proyek konstruksi cepat selesai, bagus dan rapih.

Bagaimana pun masing-masing punya kesulitan sendiri-sendiri. Sehingga diperlukan metode kerja yang lebih lengkap. Serta, job desk kepada tukang untuk mengaplikasikan metode kerja tersebut.

Job desk pabrikasi baja yang mudah diterapkan

Di antara yang kami sebutkan diatas pengaturan tenaga kerja untuk melakukan proses fabrikasi yang paling mudah adalah ketika membuat konsol baja WF belah. Mengapa?. Karena komponen yang dibutuhkan untuk membuat konsol seperti itu tidak banyak. Sehingga proses pengerjaannya juga tidak sulit, dan tidak memakan waktu yang lama.

Selain itu, pula pembuatan ikatan angin, dan trekstang juga tergolong mudah. Karena bahan utama yang digunakan hanya 1 macam, yakni besi beton. Adapun tambahan pelengkap material konstruksi tersebut adalah mur dan span skrup. Maka dari itu, akan lebih mudah dikerjakan oleh tukang.

Demikian contoh job desk tukang ketika melaksanakan berbagai komponen konstruksi baja. Selian contoh-contoh yang kami sebutkan di atas, mungkin membutuhkan rincian tugas yang lebih banyak. Namun bisa juga sebaliknya. Hal itu tergantung bentuk konstruksi yang akan Anda buat. Bila Anda merasa ragu untuk mengatur job desk tukang. Silahkan kontak kami. Melalui nomor yang tertera di blog ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!