Desain Hotel Budget Dengan Gaya Minimalis Dan Fasilitas Super Lengkap

Mendengar kata budget kesan pertama yang terlintas di benak kita pasti harga murah (low price). Kemudian, fasilitas hotel seadanya. Serta, ukuran kamar yang kecil. Namun, desain hotel budget yang satu ini sangat spesial.

Oleh pemilik, menghendaki agar tidak mengurangi fasilitas sebagaimana layak sebuah hotel bintang. Sebab bagi sang pemilik, servis adalah prioritas utama. Dan, hal itu dapat diwujudkan dengan cara memberi fasilitas yang lengkap. Sehingga tamu nyaman, betah, dan ingin datang kembali.

Gambar perspektif hotel budget 3 lantai dengan gaya minimalis nan cantik

Contoh desain hotel budget 3 lantai

Sebelumnya, penting diketahui bahwa sang pemilik adalah seorang pengusaha hotel yang cukup terkenal di Indonesia Timur. Dan, berencana melakukan ekspansi bisnis di luar kota.

1. Luas lahan, akses dan peruntukan lahan

Guna merealisasikan impian tersebut. Rencana bangunan hotel akan didirikan diatas lahan kosong seluas 2.600 m². Berada di hook, dan menghadap jalan provinsi. Oleh sebab itu, otomatis arah hadap bangunan yang terbaik adalah jalan utama. Sekaligus sebagai akses utama. Masuk, dan keluar kendaraan.

Sementara jalan masuk alternatif, dibuat dari samping kanan. Yaitu khusus untuk akses service. Antara lain oleh petugas resto, cleaning service, dan maintenance.

Kaitannya dengan peruntukan lahan. Secara global terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: 1]. Bangunan utama, dan 2]. Sarana prasarana hotel. Sarana dan prasarana hotel terdiri dari:
– Pos jaga,
– Parkir motor dan mobil
– Ground Water Tank (GWT)
– Drainase
– Sistem pembuangan limbah cair
– Taman

2. Orgasisasi ruang

Sebelum melakukan desain hotel budget langkah pertama adalah menyusun organisasi ruang. Artinya mengelompokkan jenis-jenis ruang yang dibutuhkan dalam bangunan hotel, sesuai dengan fungsi ruangan. Yaitu terdiri dari macam, antara lain:

Denah lantai 1 hotel budget

– Area publik

Area/ruang publik artinya suatu tempat dimana setiap orang berhak, dan/atau diijinkan untuk menggunakan area tersebut. Dalam hal ini yaitu parkir, dan ruang tunggu/lobby.

Karena kedua tempat tersebut sifatnya umum. Maka akses untuk menuju, dan keluar dari area itu, harus dibuat semudah mungkin. Sesuai dengan peraturan keselamatan umum.

Pula, besar ruangan harus diperhitungkan dengan benar. Agar mampu menampung sejumlah orang. Baik yang berkepentingan langsung dengan hotel (tamu), maupun yang hanya berkunjung biasa.

– Area semi publik

Guna menjaga privasi, desain hotel budget juga membedakan area publik dengan semi publik. Area semi publik artinya satu ruang yang dapat di akses oleh umum, namun dengan syarat tertentu Misalnya kamar hotel, restoran, dan ruang rapat.

Semua tamu tentu boleh menggunakan kamar hotel, beserta dengan fasilitas yang ada di dalam. Dengan catatan telah terdaftar sebagai tamu inap. Alias, check in.

Syarat sebagai tamu kantor. Kapasitas nya berbeda dengan tamu hotel. Orang awam tentu ada yang berkepentingan dengan pihak manajemen. Misal, ketika melakukan promosi, atau penawaran produk. Sehingga, harus bertemu di sebuah ruangan. Oleh sebab itu, diberi ijin untuk masuk, yaitu menggunakan ruang rapat.

– Ruang privat

Adalah tempat yang hanya bisa di akses oleh orang-orang dengan jumlah tertentu. Misalnya ruang kasir, ruang IT (Informasi dan Telekomunikasi), dan kantor manajemen.

3 jenis ruangan ini sangat privat karena berhubungan dengan keuangan, jaringan internet dan telekomunikasi, serta tata kelola hotel. Oleh sebab itu, selain orang yang bertugas di area tersebut dilarang masuk.

– Ruang semi privat

Pembagian ruangan untuk desain hotel budget juga ada yang bersifat semi privat. Artinya ruangan yang bisa di digunakan oleh orang lain, dengan syarat telah mendapat persetujuan dari orang yang bertanggungjawab. Misalnya gudang arsip, dan dapur.

2 jenis ruang ini sengaja saya kelompok-kan bukan sebagai ruang servis, karena menyimpan rahasia perusahaan. Sebut saja dapur. Rahasia masakan hotel dibuat di tempat ini. Oleh sebab itu, tidak boleh sembarang orang untuk masuk ke area tersebut.

– Area service

Karena hotel juga menyediakan ruang meeting untuk umum. Dengan cara sewa pakai. Maka, selain tangga, lift, toilet dan gudang barang. Ruang meeting tersebut juga dikelompokkan sebagai area servis. Karena bebas digunakan oleh umum.

3. Sirkulasi dan kegiatan

Seluruh ruangan yang terdapat pada bangunan hotel adalah sebanyak 125 buah. Dan, terbagi menjadi 3 lantai. Desain hotel budget lantai 1, memprioritaskan pelayanan umum. Oleh sebab itu, akses pintu utama di letakkan pada lantai 1.

Sementara prioritas lantai 2, dan lantai 3 adalah sebagai penginapan. Oleh sebab itu, area tersebut tergolong privat. Bila, ditinjau dari jumlah lantai bangunan.

Nah, untuk memudahkan sirkulasi kegiatan. Dari lantai 1 ke lantai 3 di sediakan 1 unit lift, dan 2 unit tangga darurat. Yang di tempatkan pada area yang strategis, dan mudah di jangkau.

4. Type kamar, luas dan fasilitas

Desain kamar hotel budget di buat menjadi 3 type, yaitu:

a. Suite room

Sebanyak 3 unit, dan letaknya masing-masing lantai 1 unit. Type suite room seluas 6×9 meter persegi. Atau, mirip dengan rumah tinggal type 54. Dilengkapi dengan pantry, toilet kering, kamar mandi bath up, serta fasilitas super mewah lainnya.

Satu hal lagi. Kamar ini cocok untuk penginapan 1 keluarga. Dengan jumlah yang menginap 6 orang sekaligus. Sebab, tempat tempat tidur telah disediakan sebanyak itu. Mengingat besarnya kamar suite room.

b. Executive room

Juga berada pada masing-masing lantai. Dan, sebanyak 3 unit. Pembagian kamar executive dibuat per lantai, agar pembagian ruangan seimbang. Dan, memberi pilihan kepada tamu yang hendak menginap. Apakah senang di lantai dasar, atau lantai atas.

Luas kamar executive adalah 50 meter persegi. Atau, 5×10 meter. Kecuali ukuran ruang, secara umum fasilitasnya yang sama dengan kamar suite room. Oleh sebab itu, ruangan ini hanya mampu menampung 4 orang.

c. Delux

Adalah type kamar standar dengan ukuran rata-rata 3,5 x 6 meter. Cukup luas bukan?. Dan berjumlah 45 kamar. Masing-masing lantai adalah 15 unit. Lengkap dengan toilet, lemari, meja/kursi, TV, serta fasilitas sebagaimana umumnya terdapat pada kamar hotel mewah.

Singkatnya desain hotel budget ini jauh dari kesan low price. Justru, mengedepankan pelayanan. Yaitu dengan cara memberi fasilitas selengkap mungkin. Sehingga tamu nyaman, betah, mau berkunjung kembali, dan paling penting menjadi referensi kepada orang lain.

Sistem struktur bangunan hotel

Setelah melalui proses analisis struktur, oleh team ahli jasa arsitek dan konstruksi baja. Struktur bangunan hotel dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Pondasi

Khusus penopang tiang kolom utama, digunakan pondasi bor pile. Walau proses pengerjaan type pondasi ini tergolong lama dibanding pondasi pancang. Tapi, mengingat lokasi bangunan yang berada di dekat pantai, dan di kota kecil. Maka, sulit untuk mendatangkan material tiang pancang. Oleh sebab itu, memilih pondasi bor pile.

Sementara itu, untuk penopang dinding bangunan. Agar tidak retak. Akibat penurunan tanah/lantai. Sekeliling ruangan lantai 1, tetap menggunakan pondasi lajur. Ukuran (tinggi dan lebar) 60 cm.

Jadi, ada 2 macam pondasi untuk merealisasikan desain hotel budget ini. Yaitu pondasi bor pile, dan pondasi lajur (menerus).

2. Struktur kolom dan lantai

Seluruh tiang kolom utama adalah terbuat dari baja profil H-Beam. Dan, balok terbuat dari baja WF. Kemudian lantai beton setebal 8 cm. Lengkap dengan lapisan bondek tebal 0,70 mm, serta besi tulangan Wiremesh WM7.

Sampai disini bagaimana menurut teman-teman. Apakah struktur bangunan hotel ini bisa disebut murahan?. Kalau, Anda mengatakan iya!. Saya minta alasannya, dan dasar perhitungannya.

Dimana pun letak proyek bangunan. Struktur baja pasti lebih mahal dibanding struktur beton. Oleh sebab itu, saya berani mengatakan bahwa desain hotel budget ini, terutama struktur bangunan tergolong istimewa.

3. Konstruksi atap

Selain struktur lantai. Atap hotel juga sengaja di desain pakai rangka baja profil. Spesifikasi bahan sebagai berikut:
– Kuda-kuda pakai WF 200×100
– Gording pakai CNP 125, dengan jarak 120 cm
– Ikatan angin dan trekstang terbuat dari besi beton 12 mm
– Serta bahan komponen konstruksi atap baja yang lain. Misal plat baja, mur baut, span skrup dan sebagainya.

Tambahan mengenai bahan atap. Material yang digunakan adalah atap Alderon. Selain ringan, tahan karat, dan tahan lama. Material ini dapat dipesan dengan ukuran/panjang tertentu. Sehingga pemasangan atap dapat dilakukan tanpa sambungan.

Finishing interior dan eksterior

Desain hotel budget dari segi finishing. Baik di dalam maupun dari luar bangunan dibuat dengan gaya minimalis. Hal tersebut terlihat dari permainan garis profil, seperti yang terlihat pada gambar perspektif tampak.

Selain unsur garis, kesan minimalis juga terlihat pada jendela kaca. Khusus area publik, ukuran jendela dibuat besar. Agar view dari dalam bisa lapang. Demikian juga dari luar, dengan adanya jendela yang besar, kesan kaku jadi hilang.

Dan, masih banyak lagi unsur-unsur desain yang menonjolkan aspek minimalis pada eksterior bangunan. Begitu pula ruang interior. Tidak kalah dengan eksterior. Kesan minimalis sengaja di desain agar struktur baja tidak terlihat lebih dominan.

Salah satu cara untuk menutupi balok struktur baja, adalah memasang plafon jenis uPVC. Dan, untuk menutupi tiang kolom baja H-Beam adalah membuat kolom komposit beton.

Sementara warna cat dinding bagian dalam, juga sengaja dibuat lembut. Supaya kesannya adem, dan ramah. Tapi, pada beberapa bagian diberi warna khusus. Misalnya tiap-tiap kolom struktur. Sehingga kesan kokoh tetap ada pada desain hotel budget.

Biaya desain hotel

Paket biaya jasa rancang, desain, dan hitung anggaran biaya hotel ini adalah Rp 17.500,-/m². Dalam hal ini luas bangunan utama saja yang di hitung. Sementara fasilitas luar. Seperti taman, dan pos jaga adalah sebagai bonus.

Silahkan hubungi kami melalui nomor: 081.32526.4787 bila ingin konsultasi tentang desain hotel budget. Syukur bisa realisasi hingga proses desain.

2 thoughts on “Desain Hotel Budget Dengan Gaya Minimalis Dan Fasilitas Super Lengkap”

  1. Pingback: Persiapan Membangun Homestay Dan Contoh Desain Homestay Ala Hotel Budget - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

  2. Pingback: 5 Unsur Penting Ruko Yang Menarik Pembeli Ruko - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!