4 Keunggulan Konstruksi Baja Diterapkan Untuk Bangunan Industri Masa Kini

Di sadari atau tidak, konstruksi baja bangunan industri masa kini mulai menunjukkan keberadaannya. Khususnya dalam hal desain. Tidak hanya mengandalkan struktur bangunan yang terkenal sangat kokoh, dan elegan. Seperti yang sering terlihat pada bangunan-bangunan pabrik masa lalu. Hal itu terjadi salah satu karena keunggulan konstruksi baja semakin banyak, dan tidak tertandingi.

Keterampilan yang dimiliki pekerja konstruksi baja berguna untuk meningkatkan kualitas

Latar belakang

Dari kalimat pembuka. Mungkin teman-teman bertanya. Emang hubungan antara desain dan konstruksi bangunan ada?. Apa?. Jawabannya ada 2, yakni hubungan langsung dan tidak langsung.

Hubungan langsung terjadi ketika proses desain dimulai oleh jasa arsitek. Saat itu Dia harus memutuskan material yang akan digunakan. Misalnya untuk kuda-kuda. Apakah pakai kayu, baja ringan, atau baja profil. Setelah itu, baru bisa membuat desain bangunan. Kalau material tidak di tetapkan, Anda mau desain apa?.

Kedua. Hubungan tidak langsung antara desain, dan konstruksi bangunan adalah ketika membuat gambar detail fasad, atau tampak. Tampak bangunan terlihat megah, dan cantik karena terdapat konstruksi yang kokoh di belakangnya. Bahkan tak jarang, konstruksi tersebut sekaligus menjadi bagian dari fasad bangunan.

Ragam keunggulan konstruksi baja pada bangunan pabrik saat ini

Berikut ini adalah bangunan pabrik garment yang Kami desain 2 tahun lalu. Saat ini sudah produksi, dan menampung tenaga kerja sebanyak 6.000 orang. Belum termasuk staff, dan direksi. Bisa Anda bayangkan berapa luas bangunan tersebut?. Bentangan 60,0 meter. Dan, panjang 150,0 meter.

Berkaca dari bangunan pabrik tersebut, serta beberapa gudang, warehouse, garasi bis, dan bangunan-bangunan sejenis. Yang pernah kami rancang. Diketahui konstruksi baja bangunan industri memiliki 4 kelebihan, yaitu:

1. Sangat ringan dibanding beton

Cara membandingkan antara material baja profil dengan cor beton adalah berdasarkan berat jenis, dan kegunaan.

Berat jenis baja adalah 7.850 kg/m3. Kalau dibentuk menjadi sebuah material baja profil. Misalnya WF 200×100. Maka tonase sebesar itu dapat membuat baja WF 200 hampir 31,0 batang. Cara menghitung seperti berikut:
= 7.850 : Berat WF 200 per Batang
= 7.850 : 255,96 kg = 30,66 btg.

Keunggulan konstruksi baja WF 200 semakin terlihat ketika diaplikasikan pada bangunan. Misal digunakan untuk balok dak bentang 4,0 m. Maka material WF 200 dapat membuat balok sebanyak:
= (30,66 x 12 ) : 4,0 m
= 91,98 buah.

Sekarang, mari kita bandingkan dengan beton. Berat cor beton bertulang antara 2.400 – 2.5000 kg/m3. Kalau aplikasikan pada balok dengan bentangan yang sama. Berarti ukuran balok beton minimal 20×40 cm.

Dengan demikian, diketahui 1,0 m3 beton berulang dapat membuat balok ukuran 20×40 cm; panjang 4,0 sebanyak:
= 1,0 : (0,2 x 0,4 x 4)
= 3,12 buah.

Supaya apel to apel. Jumlah balok beton ini harus 3x. Karena berat jenis baja 3x lebih dibanding berat beton. Jadi, jumlah balok adalah:
= 3,12 x 3
= 9,36 buah

Jauh sekali bukan perbedaan baja WF dan beton?. (91,98 : 9,36); hampir 10 x lipat. Hal ini membuktikan bahwa material baja memang jauh lebih ringan. Sebab untuk menyamai keunggulan konstruksi baja, berat struktur beton harus 10x lipat berat baja.

2. Proses konstruksi sangat cepat

Karena material baja sangat ringan. Keuntungan yang diperoleh pertama sekali adalah terkait proses pabrikasi & erection. Selain sangat cepat, alat kerja yang dibutuhkan sedikit. Nah, 2 hal ini tidak memberatkan anggaran biaya. Dan, pada akhirnya konstruksi baja lebih hemat.

Faktor lain yang mendukung pelaksanaan pekerjaan baja, sehingga paling cepat selesai diantara semua jenis pekerjaan bangunan adalah:
– Pabrikasi dapat dilakukan di proyek, maupun di workshop baja.
– Mayoritas konstruksi baja menerapkan sambungan mur baut. Sehingga pada erection sangat jarang mengelas. Dan, proyek cepat kelar.
– Pengecatan baja di proyek sifatnya hanya merapihkan. Sebab pada saat pabrikasi material baja sudah di cat.

Selain 3 faktor tersebut, keunggulan konstruksi baja yang tidak tertandingi oleh material lain adalah dalam hal akurasi ukuran. Setiap komponen konstruksi baja telah dibuat dengan gambar detail, serta dilanjutkan kembali menjadi gambar kerja.

Oleh sebab gambar detail, dan gambar kerja telah lengkap, dan akurat. Ditandai dengan proses approval gambar kepada owner, dan/atau pengawas bangunan.

Maka dari itu, konstruksi baja yang telah selesai pabrikasi tidak pernah salah. Misalnya tentang posisi plat lekat, plat rib, atau baut. Semua telah melalui Quality Control yang.ketat. Hal ini pula yang mengakibatkan proses erection menjadi lancar, sehingga selesai tepat waktu.

Salah satu fungsi baja kanal C adalah sebagai rangka gording

3. Cocok untuk segala bangunan

Artinya tidak hanya unggul untuk bentang lebar, dan bangunan industri. Tapi, bisa diterapkan untuk semua jenis bangunan. Bahkan mulai dari pekerjaan teralis dan interior. Seperti membuat rak buku, kursi, meja dan sebagainya.

Lingkup proyek bangunan gedung, keunggulan konstruksi baja adalah pada saat digunakan untuk membuat:
– Struktur bangunan (tiang & balok)
– Segala jenis (bentuk) rangka atap
– Kanopi dan selasar penghubung
– Tangga & railing
– Dak/balkon

Kualitas dan ketahanan konstruksi baja jauh lebih tinggi dibanding material kayu, alumunium dan stainless. Bahkan tidak kalah bila dibandingkan dengan konstruksi beton. Sebab beton tidak bisa Anda aplikasikan untuk membuat berbagai macam konstruksi bangunan.

Misal untuk membuat jembatan bentang lebar, yang berada di atas permukaan air. Dan, posisi pemasangan sangat tinggi. Apakah konstruksi beton pilihan terbaik?. Tentu tidak.

4. Tinggi bangunan tak terbatas

Anda tahu bangunan-bangunan pencakar langit di dunia saat ini terbuat dari apa?. Baja profil bukan?. Itu lah bukti keunggulan konstruksi baja yang tak terbantahkan. Seluruh dunia telah mengakui, dan melihat dengan mata telanjang. Bagaimana proses pekerjaan konstruksi hingga ketinggian ratusan meter cepat selesai. Sebab menggunakan material baja.

Sisi lain, penggunaan material baja untuk konstruksi yang tinggi, namun bukan dalam lingkup proyek gedung. Misalnya tower air, tower listrik, dan pemancar telekomunikasi.

Selain tinggi, pemasangan konstruksi-konstruksi non gedung ini sering dilakukan di hutan. Karena letak proyek direncanakan demikian. Sehingga untuk langsir material harus dilakukan menggunakan helikopter. Kalau di luar negeri, bahkan hingga proses erection.

[Penutup] Baja unggul di segala bidang

Bila dibandingkan dengan bangunan pabrik dan gudang yang berada di kawasan industri. Tentu proses pengerjaan tidak ada tandingannya dengan konstruksi tower yang tinggi, serta berada pedalaman.

Oleh sebab itu, layak diakui keunggulan konstruksi baja bangunan industri di segala bidang. Tidak mengenal jenis proyek bangunan. Bahkan tempat pemasangan. Apakah di kota, desa, atau hutan. Konstruksi baja dapat diterapkan dengan sempurna. Memiliki kualitas yang bagus. Dan, harga yang sangat terjangkau.

Beberapa jenis konstruksi baja yang Saya sebut diatas mungkin masih asing bagi Anda. Silahkan kontak kami untuk konsultasi, atau ingin memesan desain baja. Atau, sekedar sharing pengalaman juga gak apa-apa.

1 thought on “4 Keunggulan Konstruksi Baja Diterapkan Untuk Bangunan Industri Masa Kini”

  1. Pingback: Filosofi Baut Mur Dalam Hidup Manusia Ternyata Begini - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!