Desain Cafe Minimalis Yang Tepat Untuk Bangunan Dak Eksisting Dan Perhitungan Biaya

Beberapa minggu lau seorang klien memesan desain cafe minimalis kepada Jasa Arsitek dan Konstruksi Baja. Uniknya, lokasi bangunan yang dimaksud bukan diatas lahan kosong. Tetapi berada diatas bangunan eksisting. Tepatnya sebuah pos jaga dan mess karyawan. Mungkinkah rencana tersebut bisa terwujud?. Simak penjelasan kami pada bloq ini.

. Desain cafe indoor dan outdoor minimalis

Sebelumnya atap bangunan tersebut memang sudah di cor. Sehingga bentuknya sudah berupa dak. Lalu, pihak owner ingin melakukan ekspansi. Memanfaatkan bagian atas bangunan eksisting tersebut sebagai cafe.

Tentunya cafe tersebut bukan saja untuk karyawan. Melainkan untuk umum. Mengingat lokasi bangunan pos jaga tepat berada di tepi jalan raya. Ide tersebut sangat cemerlang. Dan pantas Anda terapkan di tempat Anda saat ini.

Kelebihan dan kelemahan membuat cafe diatas dak bangunan lama

Sebelum mulai desain cafe minimalis, sebagaimana yang diharapkan oleh klien. Seperti biasa kami melakukan riset kecil-kecilan lebih dulu. Yaitu untuk mencari kelebihan dan kekurangan tempat yang akan dibangun. Dengan harapan agar cafe benar-benar bermanfaat, serta memberi keuntungan bagi sang owner.

1. Kelebihan

Ditinjau dari aspek konstruksi, membangun cafe diatas dak bangunan lama ternyata tidak mahal, sebab:
– Tidak perlu beli/sewa lahan.
– Tidak perlu bikin pondasi. Karena bangunan cafe menopang langsung diatas dak beton.
– Konstruksi cafe bisa menggunakan material baja, kayu, dan bambu. Atau kombinasi dari 3 jenis material tersebut.

Sementara itu dari aspek operasi. Pemandangan (view) dari cafe sangat bagus. Karena cafe berada di lantai 2. Demikian sebaliknya, bangunan tersebut akan kelihatan dari jauh. Sehingga membuka peluang bahwa pengunjung cafe bakal ramai.

2. Kelemahan cafe diatas dak

Adapun kelemahan membangun cafe diatas dak eksisting adalah terletak pada akses dan besar ruangan.

Tangga sangat diperlukan untuk naik/turun dari cafe. ke lantai 2. Mengingat yang akan menggunakan tangga adalah orang banyak. Maka lebar tangga setidaknya Anda buat 1,20 meter. Dalam hal ini berarti desain cafe minimalis, dan perhitungan biaya harus meliputi pekerjaan tangga.

Mengenai besaran ruangan. Karena memanfaatkan bangunan lama, berarti ukuran cafe wajib menyesuaikan dak beton yang sudah ada. Dengan demikian kapasitas pengunjung kemungkinan besar terbatas. Dan akan berdampak pada profit.

Kondisi bangunan eksisting dan ukuran dak; bakal dimanfaatkan untuk membuat cafe

Contoh cafe minimalis, ukuran dan spesifikasi bahan

Gambar perspektif cafe seperti terlihat pada paragraf 1. Bangunan yang dibawah adalah pos jaga dan mess karyawan yang sudah ada sebelumnya. Lalu, bagian atas adalah cafe indoor dan outdoor. Sementara kondisi bangunan eksisting seperti terlihat pada gambar diatas. lengkap dengan sket ukuran dak beton, yang bakal dibuat menjadi café.

Ukuran cafe indoor adalah 3,5×13,5 m. Berada pada elevasi 3,0 m. Sedangkan cafe indoor berukuran 3,5×3,4 m. Dan berada pada ketinggian 2,90 m. Jadi, luas total bangunan adalah 59,15 meter persegi.

Spesifikasi material yang digunakan untuk membuat cafe tampak minimalis, dan cantik adalah sebagai berikut:

1. Rangka bangunan

Seluruhnya terbuat dari material besi holow. Yaitu ukuran 40×40; 40×60 dan 80×80 mm. Ketiga material tersebut dipakai untuk membuat tiang kolom, maupun rangka atap dan rangka dinding.

Sementara itu, join rangka baja dengan lantai dak adalah menggunakan angkur baut jenis chemical. Dengan ukuran M12x4″. Sedangkan jjoin antara rangka besi seluruhnya menggunakan sistem las.

Setelah melakukan perhitungan. Material besi holow yang dibutuhkan untuk mewujudkan desain cafe minimalis adalah sebesar 2.551,63 kg.

2. Material tangga dan railing balkon

Agar selaras dengan struktur utama bangunan (cafe), maka material yang digunakan untuk membuat tangga juga besi baja. Antara lain: baja WF, besi L 50x50x5, plat baja tebal 6 mm, serta kayu ulin. Yakni untuk pijakan, maupun terminal tangga.

Sementara bahan railling adalah kombinasi antara besi holow 40×60, dan besi beton Ø16. Besi holow digunakan untuk tiang dan hand rail. Sementara besi beton 16 mm dipakai untuk pengaman bagian tengah.

3. Spek bahan pekerjaan finishing

Pekerjaan finishing sering juga disebut pekerjaan arsitektur. Khusus bangunan cafe ini adalah terdiri dari:
– Lantai; menggunakan keramik ukuran 60×60 cm.
– Dinding; menggunakan GRC panel tebal 6, dan 10 mm.
– Atap; memakai Alderon tebal 10 mm type 680 (double layer).
– Pintu/Jendela; pakai tempered glass tebal 10 mm. Lengkap dengan aksesoris.
– Cat. Yaitu menggunakan merek Kansai, dan Nippon Paint.

Adapun pelaksanaan pekerjaan arsitektur ini adalah dilakukan setelah rangka baja terpasang dengan sempurna. Dan hal-hal teknis yang perlu diperhatikan kaitannya keselamatan kerja, serta degan kualitas bangunan adalah:

  1. Tahap-tahap pemasangan
  2. Tempat penyimpanan bahan dan alat kerja.
  3. Alat bantu kerja. Seperti scafolding dan perancah bambu.

Selama membuat desain cafe minimalis aspek-aspek tersebut juga sudah dipertimbangkan dengan seksama. Supaya dari sisi biaya tidak memberatkan owner, dan dari segi teknis pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan lancar, serta sesuai dengan desain.

Biaya bangun cafe

Rekapitulasi anggaran biaya bangun cafe, sesuai dengan gambar rencana dan penjelasan tentang spesifikasi bahan adalah sebagai berikut:
1. Rangka baja = Rp 65.779.043,-
2. Penutup atap = Rp 30.101.520,-
3. Dinding GRC dan kaca = Rp 88.334.600,-
4. Pekerjaan lantai = Rp 16.985.188,-
5. Pekerjaan tangga dan railling = Rp 31.836.158,-
6. Pekerjaan cat = Rp 14.543.064,-
7. Instalasi penerangan dan air = Rp 7.938.000,-

Total biaya adalah sebesar Rp 255.517.572,-
Atau sama dengan Rp 4.316.904,-/m².

Penutup & Saran

Desain cafe minimalis memanfaatkan bangunan eksisting tidak hanya bisa dilakukan diatas pos jaga dan mess karyawan. Alias pada bangunan yang berada di kawasan industri saja. Tapi, di semua bangunan gedung. Misalnya rumah tinggal, ruko, supermarket, hotel dan apartemen. Oleh sebab itu semua orang punya kesempatan yang sama.

Bagi teman-teman yang ingin memiliki bisnis cafe indoor, dan cafe outdoor silahkan kontak kami. Agar kami membuat desain dan perhitungan anggran biaya untuk cafe Anda. Melalui nomor kontak, atau email yang tercantum dalam situs ini.

  1. Data yang kami perlukan untuk membuat desain antara lain:
  2. Ukuran tapak/lahan. Disertai dengan sket dan photo dokumentasi
  3. Elevasi dan lokasi dak beton. Apakah di depan, di samping atau di belakang bangunan
  4. Akses menuju lahan. Apakah berada di jalan utama, atau jalan alternatif (setapak)

Lebih detail tentang teknis pembuatan desain cafe minimalis akan kami jelaskan setelah kerja sama berlangsung. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

1 thought on “Desain Cafe Minimalis Yang Tepat Untuk Bangunan Dak Eksisting Dan Perhitungan Biaya”

  1. Pingback: Contoh Rumah Kontrakan Cluster Dan Perhitungan Biaya Paling Akurat - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!