5 Unsur Penting Ruko Yang Menarik Pembeli Ruko

Membangun ruko tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika ingin cepat laku terjual, pengembang atau investor harus menyiapkan unsur-unsur yang menjadi penarik minat pembeli. Apa saja unsur penting ruko tersebut?. Simak ulasan yang kami sajikan dalam artikel ini.

Aspek penting ruko untuk meningkatkan penjualan ruko mewah

Beberapa diantara kita mungkin berniat membangun ruko, namun belum paham tahap-tahap yang harus dilakukan. Pertama sekali tentu bukan aspek teknis, tapi non teknis antara lain:

1. Letak tapak

Apakah ditengah kota, pinggiran, berada dalam sebuah kawasan industri, dekat pusat pendidikan, atau perdagangan. Adalah unsur utama yang menjadi pertimbangan bagi para pembeli. Dengan demikian mereka bisa menyesuaikan rencana bisnis yang sesuai.

Kemudian aspek yang kedua adalah topografi. Apakah berada pada daerah rawan longsor, dan banjir/rob. 2 hal ini menyebabkan pembeli akan hengkang. Mengingat besarnya biaya maintenance akibat banjir, atau longsor. Belum lagi kerugian non materil yang harus ditanggung pemilik.

Singkatnya, sudut pandang calon pembeli harus kita jadikan acuan ketika hendak menyiapkan lahan. Dalam hal ini luas tapak belum tentu menjamin penjualan ruko jadi laris manis. Karena yang kita jual bukan tapak saja, tapi termasuk bangunan serta kemudahan-kemudahan lain saat operasi bangunan.

2. Akses jalan

Unsur penting ruko berikutnya adalah jalan menuju ke tapak. Apakah bagus, lebar, dan dekat dari jalan utama. 3 syarat ini sebaiknya diupayakan terpenuhi karena berkaitan langsung dengan sirkulasi pengguna ruko, barang maupun jasa.

Semakin luas tapak yang Anda miliki, akan membutuhkan akses jalan yang makin lebar. Karena jumlah ruko yang memungkinkan untuk Anda bangun sangat banyak. Setidaknya akses jalan untuk jangka panjang. Harus disediakan sejak awal. Supaya tidak perlu melakukan pelebaran jalan.

Kaitannya dengan kondisi jalan. Harus berkualitas tinggi, sebab semakin besar ruko yang Anda sediakan, maka aktivitas di area tersebut pun semakin tinggi. Sehingga untuk mencegah kerusakan, jalan harus bikin bagus.

Sedangkan faktor jauh dekat bangunan ruko berpengaruh secara langsung pada harga jual ruko. Semakin jauh dari jalan, maka nilai jual ruko pasti rendah. Demikian sebaliknya. Ruko yang berada di tepi jalan raya memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Ukuran dan jumlah lantai

Ukuran menjadi unsur penting ruko karena menyangkut kebutuhan konsumen. Pada umumnya lebar depan adalah 4,5 – 5,0 m. Dan panjang antara 8,0 sampai 12, meter. Kurang dari ukuran tersebut dipastikan sirkulasi dalam ruang tidak sesuai standar. Sementara jika lebih, maka penggunaan tapak menjadi tidak efektif.

Jumlah lantai juga menjadi salah satu penilaian, ketika klien hendak membeli ruko. Umumnya ruko terdiri dari 2 lantai. Namun, tidak menutup kemungkinan lebih, dengan pertimbangan:

  1. Letak ruko sangat strategis. Yaitu di pusat kota
  2. Sasaran penjualan ruko adalah untuk kantor, dan lembaga pendidikan. Bukan untuk toko.

4. Desain ruko

Walau hanya menonjolkan tampilan depan. Desain tergolong unsur penting ruko karena menjadi daya tarik bagi calon pembeli maupun pengguna, setelah ruko terjual. Pengguna dalam hal ini termasuk pemilik, pegawai maupun orang lain yang melakukan aktivitas dalam ruko.

Sama dengan hunian, hotel, homestay maupun villa. Saat ini animo masyarakat terhadap desain bangunan minimalis tetap sangat tinggi. Tambah lagi hemat energi, dan ramah lingkungan. Akan memudahkan penjualan ruko.

Hal ini boleh kita buktikan, diantara.sekian banyak ruko yang di sekitar kita. Paling laku adalah desain ruko minimalis, dan 2 lantai. Sementara yang mengusung konsep desain klasik, pasti kurang laku.

5. Fasilitas dan sarana pendukung

Selain poin 1 sampai 4. Calon pembeli akan melihat fasilitas dan sarana pendukung ruko, apakah sudah tersedia atau belum. Jikalau belum ada, berarti kelak ia yang akan menyediakan. Dan hal itu tentu kurang baik bagi pelanggan.

A. Fasilitas

Berkaitan dengan fungsi ruko. Agar bisa memenuhi kebutuhan calon pemilik, yang berasal dari berbagai latar belakang. Ragam jenis fasilitas ruko, yang wajib disediakan adalah:
– Toilet tiap lantai
– Tangga
– Listrik
– Air bersih

Lebih bagus lagi, jika sudah dilengkapi dengan CCTV, dan jaringan Wifi. 2 jenis perangkat ini termasuk unsur penting ruko, untuk menjaga keamanan di dalam, dan di luar ruko. Serta Wifi berguna sebagai sarana penghubung ke internet, dan telekomunikasi.

B. Sarana pendukung

Antara lain parkir, lampu jalan dan pos jaga. 3 unsur ini berguna untuk memastikan kawasan ruko nyaman dan aman. Sekalipun di dalam ruko telah tersedia CCTV. Pos/keamanan tetap diperlukan, yaitu untuk mencegah pencurian. Juga untuk mengatur kendaraan yang keluar masuk kawasan ruko.

Tidak kalah pula hidrant untuk pemadam kebakaran. Unsur ini tidak harus disediakan per ruko. Tapi cukup ditentukan menurut jumlah ruko. Misalnya 1:10, atau 1 :15. Artinya 1 buah hidrant untuk 10 unit ruko.

Dengan demikian, bilamana terjadi kebakaran, penanganan bisa segera dilakukan oleh pengguna ruko. Tanpa seluruhnya mengharapkan bantuan dari dinas terkait.

Eksistensi ruko pada masa yang datang

Sampai kapan pun bangunan ruko dan rukan akan tetap eksis untuk memenuhi kebutuhan toko, perkantoran, serta bisnis-bisnis yang lain. Namun pembangunan harus dilakukan tidak boleh dilakukan asal-asalan. Supaya tidak mangkrak, karena tidak laku. Seperti yang terjadi di beberapa daerah.

Melalui perencanaan dan perancangan yang matang, sekecil apapun ruko pasti akan cepat terjual. Pun yang berukuran besar, pasti akan banyak yang mencari. Sehingga pengembang cepat untung. Dan, bisnis di daerah tersebut cepat tumbuh.

Untuk mencapai hal tersebut, 5 unsur penting ruko yang telah kami sampaikan ini, pantas Anda jadikan acuan ketika hendak membangun ruko. Beberapa aspek lain, juga akan kami bahas pada situs ini. Antara lain contoh perhitungan anggaran biaya, serta tips jitu merawat ruko.

Bilamana membutuhkan jasa arsitek berpengalaman, lengkap dengan spesialisasi konstruksi baja. Silahkan hubungi kami melalui nomor kontak: 081.32526.4787. Dengan saya; Riahman Siallagan, S.Ars.,IAI.

1 thought on “5 Unsur Penting Ruko Yang Menarik Pembeli Ruko”

  1. Pingback: Spesifikasi Dan Biaya Bangun Ruko Super Minimalis 2 Lantai - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!