Meja Besi Yang Bagus Begini Ciri-Cirinya Supaya Tidak Salah Pilih

Meja merupakan salah satu bagian dari kebutuhan sekunder. Oleh sebab itu, setiap hunian pasti memiliki benda ini. Minimal 1, atau 2 buah. Apakah meja besi, kayu, atau material lain. Yang jelas sangat dibutuhkan. Dan, boleh disebutkan bahwa perabot rumah belum lengkap, kalau belum ada meja diantaranya.

Fungsi meja

Meja besi adalah sebuah wadah untuk meletakkan satu jenis barang atau lebih, pada bidang datar yang berada pada ketinggian tertentu dari lantai bangunan. Fungsi kedua, adalah tepat untuk melakukan suatu aktivitas. Seperti bekerja, belajar, menjahit dan sebagainya.

Selain 2 hal diatas. Fungsi meja juga bisa sekaligus untuk menyimpan barang. Misalnya buku, pulpen/pensil, serta alat-alat tulis lainnya. Yaitu dengan cara membuat laci. Berada di bawah meja. Seperti terlihat pada gambar ini.

Kursi besi merupakan salah satu produk usaha bengkel las teralis

Topik ini sengaja kami angkat, sesuai dengan salah satu bidang yang kami geluti, yakni konstruksi baja. Agar teman-teman tahu apa kelebihan, serta kelemahannya. Supaya tidak sampai salah pilih. Dan, membuat Anda akhirnya kecewa. Sekaligus sebagai artikel yang pertama. Dari 2 artikel yang membahas tentang meja.

Ragam kelebihan

Ditinjau dari berbagai aspek. Kelebihan meja besi sekaligus menjadi ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Sangat kokoh

Iya, betul. Tidak ada yang dapat membantah, dengan bukti yang kuat. Bahwa material besi adalah yang paling kokoh, diantara segala jenis bahan bangunan. Setidaknya hingga saat ini, yang lazim digunakan secar bebas untuk berbagai keperluan. Hanya material besi.

Untuk keperluan struktur konstruksi saja sangat diakui kekuatannya, apalagi sekedar membuat meja. Kecil…!. Maka dari itu, untuk keperluan ekstra. Misalnya menaruh barang-barang yang berat. Meja besi pilihan yang terbaik.

2. Ukuran fleksibel

Sebesar apapun ukuran meja yang Anda butuhkan, bisa dibuat dengan menggunakan material besi. Sebab, selain banyak pilihan bentuk profil. Masing-masing profil besi juga terdiri dari berbagai macam ukuran.

Meja berukuran standar umumnya menggunakan besi stal kotak. Ukuran sedang, terbuat dari besi siku. Lebih besar lagi, dan untuk keperluan berat, adalah memakai baja UNP. Selain 3 jenis material besi itu, masih ada jenis lain yang lebih kokoh. Yakni baja WF, dan H-Beam. Mau pakai meja besi yang mana?.

3. Desain minimalis

Kata minimalis hingga saat ini tetap menjadi daya tarik bagi para konsumen manakala hendak membangun rumah, maupun membeli perabot. Salah satu tanda gaya minimalis adalah simple. Seperti sebuah meja besi. Umumnya hanya terdiri dari 2 komponen, yaitu rangka dan lantai meja.

Namun demikian, walau terlihat sangat praktis. Kembali lagi sebagaimana dijelaskan pada poin 1. Soal kekuatan, meja besi tiada lawan. Jadi, kalau bisa menggunakan material yang praktis, mengapa tidak?. Bukankah, semakin banyak material yang digunakan, maka biaya yang dibutuhkan juga makin tinggi?.

4. Usia pakai tak terbatas

Asal tidak berada ditempat terbuka, dan kena hujan. Meja ini tahan selama-lamanya. Perubahan yang terjadi akibat pemakaian yang sudah lama, paling banter warna cat menjadi kusam. Itu saja. Dan, untuk mengatasinya tentu sangat mudah. Anda lakukan pengecatan ulang. Selesai.

Sekalipun bentuk meja tidak persegi, sebagaimana yang sering kita temui sehari-hari. Tapi bulat, segitiga, atau bentuk lain. Tidak ada pengaruhnya terhadap usia pakai. Kunci utama adalah pada material baja yang digunakan. Serta cara perawatan meja.

Pengetahuan dasar tentang cara membuat RAB dan AHSP dalam program Excel

5. Pilihan desain dan material sangat banyak

Bahan untuk membuat meja, tidak hanya baja profil. Tapi, masih ada jenis logam lain, yang tidak kalah kualitasnya. Antara lain stainles, aluminium, dan besi galvanis. Dan, masing-masing material punya kelebihan.

Misalnya meja stainless. Adalah cocok untuk meja saji, dan meja masak. Karena higenis. Dan, mudah dibersihkan. Sementara, meja aluminium terkenal sangat ringan. Sehingga mudah dibawa kemana-mana. Begitu juga meja galvanis. Tentu paling tahan terhadap karat.

Artinya, dengan banyaknya pilihan material. Akan memanjakan pembeli untuk menentukan sesuai selera, serta fungsi meja. Dan, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa membuat meja besi sendiri. Mengapa tidak?. Penasaran?.

Bagian kedua dari artikel ini, dan dalam waktu dekat. Kami akan membuat tutorial, mengenai langkah-langkah membuat meja dari material besi baja. Disana akan dijelaskan alat, bahan, maupun perkiraan biaya untuk membuat 1 unit meja. Enak toh?.

Kekurangan meja besi baja

Dari segi berat, tidak. Karena material yang digunakan umumnya adalah menyesuaikan fungsi meja. Makin kecil ukuran meja, tentu dimensi material yang digunakan juga semakin kecil. Demikian sebaliknya. Jadi, boleh di kata relatif.

Misalnya, bila dibandingkan dengan meja kayu. Dengan ukuran yang sama, belum tentu meja besi lebih berat. Jangan-jangan lebih ringan. Dan, lebih murah. Diatas kertas hal tersebut mungkin terjadi. Karena proses pengerjaan meja kayu lebih lama, dibanding meja yang terbuat dari material besi.

Lalu, kelemahan meja besi apa?. Adalah terkait tata letak / pemasangan pada ruangan. Untuk acara formal, misalnya resepsi atau seminar. Sebaiknya meja diberi taplak. Supaya terlihat lebih elegan, dan nyaman. Khususnya bagi wanita yang sedang duduk di belakang meja.

Selebihnya tidak ditemukan kekurangan meja besi. Soal tumpuan pada lantai, supaya tidak lantai tidak tergores. Adalah bisa dicegah dengan memasang karet alas kaki meja. Material ini banyak ditemukan di toko bahan bangunan. Dan, dengan harga yang sangat murah.

[Tips] Pilih beli meja, atau bikin sendiri?

Kalau Anda punya waktu luang, dan bakat menciptakan kreativitas. Saran kami bikin sendiri saja. Namun, jikalau Anda sibuk dengan rutinitas lain. Baiknya membeli yang sudah jadi. Supaya yakin meja yang Anda beli sudah bagus, lakukan tips berikut ini:

  1. Pastikan ukuran meja telah cocok dengan ruangan yang Anda miliki. Termasuk dari segi tampilan. Warna cat, atau karakteristik lain.
  2. Periksa material besi yang digunakan. Apakah tipis, atau cukup tebal. Untuk mengetahui bahwa material besi tipis, adalah dengan cara memgetuk. Bila nyaring, berarti material tersebut sangat tipis.
  3. Periksa sambungan rangka besi. Dan, pastikan telah menggunakan las yang cukup. Caranya, goyang sedikit. Lalu, perhatikan apakah rangka besi ikut bergoyang. Kalau ikut. Berarti sambungan las tidak kuat.

Demikian ulasan mengenai keunggulan dan kelemahan meja besi, serta tips membeli meja. Semoga tidak kecewa.

1 thought on “Meja Besi Yang Bagus Begini Ciri-Cirinya Supaya Tidak Salah Pilih”

  1. Pingback: Begini Penampakan Desain Kantin Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan Yang Istimewa - Jasa Arsitektur dan Konstruksi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan untuk Desain Arsitek dan Konstruksi baja? Ayo chat dengan kami!